• Semen Baturaja pelanggan potensial PT PLN

    0

    Baturaja ,jurnalsumatra.com – PT Semen Baturaja adalah salah satu pelanggan potensial atau khusus PT PLN area Lahat rayon Baturaja, karena setiap bulan mengucurkan dana Rp10 miliar lebih untuk pembayaran listrik.

    PT Semen Baturaja (PTSB) ini salah satu pelanggan khusus kita, karena sampai sekarang juga tidak pernah menunggak bayar tagihan rekening listrik,” kata Supervisor Teknik PLN area Lahat rayon Baturaja, Hermawan di Baturaja, Minggu.

    Ia menjelaskan, tagihan listrik untuk keperluan industri PT SB tersebut terbilang paling besar dalam lingkup PLN se Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (S2JB).

    “Selama ini pembayarannya lancar. Mereka (PT SB) bayar langsung ke pusat (Palembang),” ungkapnya.

    Listrik dari PLN ke PT SB ini tergolong khusus tidak mengganggu kebutuhan listrik bagi pelanggan umum khususnya di Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU).

    Memang dalam hal ini, aliran listrik PT SB langsung dari gardu induk (GI) Baturaja.

    Tapi di sana ada trafo khusus, yakni trafo 3 dengan kekuatan daya 63 megawatt. Sedangkan keperluan listrik yang dibutuhkan PT SB sendiri dayanya sebesar 24 megawatt.

    “Untuk keperluan masyarakat OKU dan OKU Timur, menggunakan trafo lain yakni trafo 1 untuk OKU dan trafo 2 untuk OKU Timur masing-masing berkapasitas 60 megawatt,” jelasnya.

    Keperluan listrik untuk PT SB ini, separuh dari kebutuhan listrik pelanggan di Baturaja. Untuk pelanggan di Baturaja totalnya sebesar 12 megawatt. Jadi masih besar PT SB yang butuh 24 megawatt.

    Oleh sebab itu ungkap dia, aliran listrik ke PLN memang benar-benar harus diperhatikan karena jika listrik mereka terganggu 1 detik saja, maka butuh waktu lima jam untuk normalisasi operasional pabrik.

    “Jadi kalau satu detik saja aliran listrik PT SB padam, mereka akan merugi 5 Jam. Dengan demikian PT SB mendapat perlakuan dan perhatian khusus jangan sampai terjadi gangguan pemadaman,” jelas Hermawan. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com