• RPH Palembang kekurangan Dana Rp 12 Miliar

    0

    pemotongan-sapiPalembang. Jurnalsumatra.com – Pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH) Modern di Gandus tepatnya di kompleks Kantor Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (DP2K) Palembang, saat ini diklaim sudah 50 persen. Ditargetkan, dalam dua bulan kedepan, pembangunan fisik dari RPH ini akan diselesaikan.

    Kepala DP2K Palembang, Harrey Hadi mengatakan, meski pembangunan fisik untuk RPH yang menelan dana Rp 12 miliar ini sudah hamper rampung, namun masih banyak sarana prasarana sesuai persyaratan dari RPH Modern masih belum terpenuhi.

    “Paling tidak butuh sampai Rp 15 miliar lagi. Ini untuk sarana seperti mobil, kandang dan alat-alat lainnya. Nanti, kita usulkan untuk APBN tahun depan. Tahun depan, harus sudah rampung semuanya dan sudah bisa dioperasionalkan,” Rabu (21/9).

    Harrey menambahkan, jika nanti beroperasional proses pemotongan sapi akan menggunakan alat modern secara mekanis, dari memotong, pengepakan, cabut kulit. “Semua ada teknisnya, penanggung jawab pemotongan hewan harus bersertifikat, ada pelatihan dan tidak sembarang orang. Tentunya ini tetap halal, jadi masyarakat jangan takut. Selama ini kan manual.

    Kalau modern ini pasti akan dijelaskan secara transparan, dijelaskan teknisnya bagaimana, ada yang motong, ada yang pegang,” papar Harrey.

    Sehingga, lanjut dia, nanti pemotongan hewan akan sesuai dengan syarat ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).  “Pemotongan sapi juga bisa dilakukan lebih banyak, bisa sampai 200 ekor perhari. Biasanya hanya 40-50 ekor perhari. Dengan begitu, diharapkan bisa lebih banyak memenuhi pasokan daging di pasar karena pemotongan bisa dilakukan lebih banyak,” ungkap dia.

    Sementara Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda yang meninjau langsung pembangunan gedung RPH ini berharap, agar pembangunan RPH bisa secepatnya diselesaikan. “Kita berharap dapat segera beroperasi, karena RPH ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Karena, dengan RPH modern ini tentunya kualitas dari sapi yang dipotong benar-benar terjaga,”ujar dia.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com