• Ribuan PNS Palembang Dialihkan

    0

    ratu-dewaPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Mulai bulan depan mendatang 2147 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dialihkan ke pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Hal tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

    Berdasarkan peraturan tersebut, Pemerintah melakukan efektifitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan konkuren (Pasal 11) di mana kewenangan urusan pemerintahan dibagi antara Pusat dan Daerah.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Harobin Mustofa, pihaknya akan melakukan penyerahan Personil, Prasarana, Pembiayaan dan Dokumentasi (P3D) dari Pemkot Kota Palembang ke Provinsi Sumsel, Jumat (30/9), sebagai langkah proses dari pengalihan PNS.

    “Berdasarkan aturan, PNS di lingkungan SKPD Pemkot Palembang di pindahkan ke Daerah dan Pusat. Berlaku awal Oktober ini. Secara administrasi dan penggajian sudah jadi wewenang Pemprov Sumsel atau pun pusat,”ujar Robin, Rabu (28/9) dengan Kebijakan tersebut akan meringkan beban bagi palembang dalam memberikan gaji, sehingga pengeluaran anggaran untuk gaji PNS akan lebih ringgan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

    Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Ratu Dewa mengatakan, pihaknya siap melepas dua ribuan lebih PNS Palembang, yang sebagian bakal diambil Provinsi dan sebagian lagi diambil Pusat. Hal tersebut Berdasarkan aturan terbaru itu, sebanyak 2.147 PNS yang dilepas oleh Pemkot Palembang.

    Ia mengatakan, dari jumlah tersebut masing-masing bagiannya untuk guru SMK dan SMA yang bakal diambil alih oleh Provinsi sebanyak 2.049 orang, penyuluh KB sebanyak 55 orang, tenaga kerja 6 orang, bidang kesehatan 9 orang, terminal type A 18 orang, terminal type B 3 orang.

    Kemudian untuk Panti Sosial 18 orang. Menurutnya, dengan adanya peralihan tersebut, pihaknya melakukan verifikasi terkait kebutuhan PNS dan formasi yang masih dibutuhkan.Dengan demikian kita akan lakukan verifikasi kebutuhan pegawai lagi. Dari hasil yang didapat, kita juga bakal melakukan permohonan untuk dilakukan penambahgan CPNS.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com