• Ribuan Orang Diprediksi Hadiri Peringatan Puncak Haornas    

    0

    Sidoarjo, jurnalsumatra.com – Sekitar 20 ribu orang diprediksi menghadiri puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2016 di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat.
    “Puncak acara nanti diprediksi akan dihadiri sekitar 20 ribu orang terdiri dari masyarakat, pegiat olahraga, pelajar, aparat pemerintah daerah desa, kabupaten dan kota di Jawa Timur yang masing-masingnya membawa 50 orang untuk ada di sana,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur Supratomo, Surabaya, Jumat.
    Puluhan ribu orang tersebut akan dikonsentrasikan di stadion yang sempat menjadi markas klub sepak bola Deltras Sidoarjo tersebut, dan menikmati rangkaian acara yang sudah dimulai sejak pagi tadi.
    “Acara sudah dimulai sejak pagi tadi dengan final kompetisi sepak bola Piala Menpora U12, U14 U16 dan Liga Mahasiswa yang dilaksanakan selain di Stadion Delta, juga di wilayah lain,” ucap Supratomo.
    Untuk acara puncak perayaan Haornas yang dilaksanakan malam nanti akan dimulai tepat sejak kedatangan Wakil Presiden Jusuf Kalla sekitar pukul 19.00 WIB yang disambut musik tradisional dari Madura dengan menyanyikan lagu Mars Patriot Olahraga.
    Disambung dengan “jugling” kolosal oleh sekitar 1.000 orang yang merupakan peserta kompetisi sepak bola di U12, U14, U16 dan Liga Mahasiswa yang disambung dengan pemberian penghargaan secara simbolis pada pelaku olahraga sebanyak 10 orang yang dilanjutkan suguhan musik-musik tradisional Jawa Timur dikolaborasikan dengan musik modern, dan ditutup dengan lagu dari musisi Jawa Timur Gombloh berjudul Gebyar-Gebyar.
    Dalam acara peringatan Haornas 2016 ini yang terpantau sarat dengan menyajikan kesenian Jawa Timur, Supraptomo menyatakan karena memang misinya selain kembali mempopulerkan olahraga, juga menampilkan kesenian tradisional tempat diselenggarakannya puncak gelaran Haornas 2016.
    “Sebenarnya temanya adalah ‘Ayo Olahraga Untuk Indonesia Sehat dan Produktif’, namun kami tampilkan Jawa Timur juga untuk angkat kesenian lokal,” tuturnya.
    Perayaan puncak Haornas kali ini akan dikemas meriah dengan melibatkan 1712 penari yang akan menampilkan tari-tarian kolosal dengan perpaduan musik modern dan tradisional yang melibatkan para pelajar, mahasiswa dan beberapa seniman.
    Selain itu, sekitar pukul 14.00 WIB, pahlawan olahraga Indonesia Tantowi Ahmad, Liliyana Natsir dan Eko Yuli serta beberapa olimpian akan diarak dari Bandara Juanda menuju ke Grahadi dan kembali ke Stadion Gelora Delta untuk ikut menghadiri puncak Haornas.
    Dijadwalkan, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani akan turut menghadiri dan membuka puncak acara Haornas 2016.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com