• Ratusan Kendaraan Tak Lolos Uji Emisi

    0

    uji emisiPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Setidaknya ratusan sekitar 145 kendaraan roda empat diperintahkan untuk dibawa ke bengkel karena tidak lolos uji emisi yang digelar Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palembang, Selasa (27/9) karena emisi yang dikeluarkan oleh gas buang dari kendaraan ini mengangu lingkungan.

    Dari pantauan lokasi di depan Perumahan PLN Jalan Demang Lebar Daun, masing-masing uji emisi untuk kendaraan berbahan bakar premium dan solar dilaksanakan terpisah, terutama untuk petugas dan alat untuk pengujian emisi. Beberapa kendaraan tampak ragu untuk memasuki jalan, namun dengan bantuan personel Satlantas, kemacetan bisa segera diatasi.

    Kepala BLH Kota Palembang, Tabrani menjelaskan, uji emisi ini dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dibantu aparat kepolisian. Target kendaraan yang akan diuji emisi sebanyak 1.500 kendaraan roda empat. Pelaksanaannya dari pukul 08.00 – 16.00 wib, di Jalan Demang Lebar Daun, Jalan Residen Abdul Rozak, dan Jenderal Ahmad Yani.

    “Total ada sekitar 893 kendaraan yang diuji coba Selasa (27/9) Evaluasi tercatat 748 mobil lolos dan 145 lainnya tidak lolos,”kata Thabrani.

    Dari kegiatan ini, Thabrani berharap pemilik kendaraan roda empat dapat sadar untuk memperhatikan kondisi kendaraannya. Ditegaskannya, uji emisi ini bersifat pembinaan. Alasan yang paling kuat, pemerintah mengajak menjaga kualitas udara sebab Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

    “Kita harus sadar pentingnya menjaga kualitas udara. Jika gas emisi melebihi ambang batas, dapat membahayakan kesehatan dan memicu terjadinya pemanasan global,”katanya.

    Lebih lanjut tambahnya untuk kualitas udara di kota Palembang masih sangat baik. Terbukti dengan didapatnya penghargaan sebagai kota dengan kualitas udara terbersih pada tahun 2014.Diakuinya di tahun 2015 Palembang tidak ikut serta dalam ajang yang sama karena kondisi kabut asap. Namun di tahun ini kembali ikut serta dalam penilaian dari Kementerian Lingkungan Hidup tersebut.

    Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, mengimbau warga Kota Palembang untuk melakukan uji emisi terhadap kendaraan roda empatnya. Selain untuk mengetahui sejauh mana tingkat polusi udara yang dihasilkan dari gas buang kendaraan juga untuk mengetahui kendaraan mereka bermasalah atau tidak.

    “Ini bukan hanya untuk tahu polusi apakah kendaraan bermasalah atau tidak. Karena emisi kendaraan yang tinggi maka kendaraan akan bermasalah,”jelasnya. (eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com