• Puskesmas Kotaraja Jayapura Layani 442 Ibu Hamil

    0

    Jayapura,jurnalsumatra.com – Hingga 31 Agustus 2016 Puskesmas Kotaraja di Abepura, Kota Jayapura, Papua melayani sebanyak 442 ibu hamil dari target 739 ibu hamil yang akan dilayani tahun ini.
    “Kami punya sasaran pelayanan kesehatan untuk ibu hamil untuk tahun ini sebanyak 739 ibu hamil, dan hingga akhir Agustus 2016 Puskesmas Kotaraja sudah melayani 442 orang ibu hamil jadi pencapaian kami baru 60 persen,” kata Alfrida, Koordinator Bidan di Puskesmas Kotaraja, di Jayapura, Selasa.
    Alfrida menjelaskan, untuk kunjungan pertama (K1) ibu hamil 629 ibu hamil berarti pertama kali kontak dengan puskesmas sudah sekitar 85 persen untuk kunjungan pertama di Puskesmas Kotaraja.
    “Jadi kunjungan K1 itu dari usia kehamilan 0-3 bulan itu untuk semester pertama satu kali kunjungan ke puskesmas, kemudian satu kali kunjungan lagi dari 4-6 bulan,” ujarnya pula.
    Selanjutnya, untuk kunjungan keempat (K4) sebanyak 442 ibu hamil yang berkunjung ke Puskesmas Kotaraja berarti baru 60 persen.
    “Kalau memasuki usia kehamilan 7 bulan itu berarti minimal kunjungan dua kali jadi empat kali kunjungan, sehingga minimal kunjungan empat kali selama masa kehamilan, tetapi tidak menjaga kemungkinan ibu yang bersangkutan ada keluhan-keluhan lain yang ditangani lebih lanjut di rumah sakit,” ujar dia.
    Alfrida optimistis pihaknya akan mencapai 739 ibu hamil yang disasar dalam setahun ini, mengingat masih ada tenggang waktu empat bulan untuk melakukan pelayanan kepada ibu hamil.
    “Kami masih punya waktu empat bulan untuk mencapai sasaran 739 ibu hamil, sehingga masih punya waktu untuk mencapai target itu,” ujarnya lagi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com