• PU Mimika Survei Jalan Timika-Aroanop

    0

         Timika, jurnalsumatra.com – Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mimika, Papua, tahun ini akan melakukan survei lanjutan rencana pembangunan jalan yang menghubungkan Timika ke Kampung Aroanop, Distrik Tembagapura.
    Kepala Dinas PU Mimika Robert RD Mayaut di Timika, Sabtu, mengatakan ruas jalan Timika-Aroanop sebelumnya telah disurvei oleh tim Bappeda Mimika pada 2015.
    Sejauh ini, katanya, hasil survei tim Bappeda Mimika itu belum pernah dipresentasikan dengan jajaran Dinas PU Mimika.
    “Memang benar tahun 2015 ada survei investigasi (SIT) yang dilakukan teman-teman dari Bappeda Mimika. Seharusnya SIT itu satu paket dengan detail engineering design (DED) karena yang akan mengerjakan jalan tersebut kami dari PU,” jelasnya.
    Menurut dia, survei investigasi harus menghasilkan adanya patok-patok trase (jalur lintasan) jalan yang akan dikerjakan.
    “Kita belum tahu titik nol di Aroanop dan Timika ada dimana. Jangan sampai teman-teman di Bappeda hanya melakukan foto udara lalu menentukan trek di atas kertas saja. Mereka harus presentasikan ke kami,” jelas Robert.

         Pembangunan ruas jalan Timika-Aroanop tersebut merupakan ruas lanjutan yang nantinya akan menghubungkan Timika hingga Banti Tembagapura.
    Tahun ini Dinas PU Mimika sedang mengerjakan ruas jalan Opitawak-Aroanop sejauh sembilan kilometer.
    Robert mengatakan ruas jalan Opitawak-Aroanop yang telah dikerjakan sejauh 4,7 kilometer. Guna menyelesaikan pekerjaan jalan tersebut, Pemkab Mimika menggelontorkan dana sekitar Rp70 miliar.
    Pembangunan ruas jalan yang menghubungkan Timika ke Banti Tembagapura merupakan kebijakan dari Bupati Mimika Eltinus Omaleng guna membantu mempermudah akses perhubungan bagi warga Suku Amungme yang bermukim di sekitar Lembah Aronop.
    Warga di wilayah itu selama puluhan tahun kesulitan untuk bisa bepergian ke Timika lantaran satu-satunya sarana transportasi yang bisa mengakses wilayah itu hanya dengan menggunakan helikopter.
    PT Freeport Indonesia juga tengah membangun sebuah lapangan terbang di Aroanop untuk membantu melancarkan arus transportasi dari dan ke wilayah itu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com