• Program Rumah Pangan Seharusnya Di Natuna-Anambas    

    0

    Bintan,jurnalsumatra.com – Program Rumah Pangan Kita (RPK) seharusnya dibangun di Kabupaten Natuna dan Anambas yang merupakan daerah kepulauan dan perbatasan NKRI, agar harga kebutuhan pokok di daerah itu stabil.
    Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Tanjungpinang, Wawan Hidayanto di Tanjungpinang, Sabtu, mengakui telah mengusulkan ke pusat agar program nasional tersebut  masuk ke Kabupaten Natuna dan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.
    “Usulan ini sudah kami sampaikan ke pusat, semoga ada perhatian dari pusat untuk membangun RPK  di Natuna dan Anambas,” kata Wawan.
    Menurut dia, keberadaan RPK di Natuna dan Anambas merupakan upaya Bulog Sub Divre Tanjungpinang untuk memangkas jalur distribusi yang terlalu panjang dari daerah penghasil ke daerah perbatasan.
    Ditambah lagi, sebagai daerah bukan penghasil, harga kebutuhan pangan di daerah perbatasan tersebut tergolong tinggi.
    Wawan menjelaskan bahwa RPK bisa masuk ke daerah perbatasan, dengan cara memenuhi stok kebutuhan di gudang sub divre. Namun, kondisi geografis di Kepri membuat lambannya proses pengiriman ke Natuna dan Anambas.
    “Pendistribusian pun  tidak bisa hanya satu komoditas, tapi ada komoditas yang lain seperti gula, bawang, minyak goreng dan lain sebagainya. Kalau komoditas tersebut sudah ada di Tanjungpinang, pasti kami distribusikan, itu targetnya,” tegas Wawan.
    Mekanisme RPK juga tidak  sulit, karena Bulog sebagai distributor utama langsung menyuplai komoditas ke lokasi RPK. Sedangkan RPK itu sendiri dikelola oleh masyarakat, bisa melalui koperasi atau usaha lainnya.
    Sementara untuk Tanjungpinang, Bulog berencana memasukkan RPK ke seluruh kelurahan. Dengan harapan, dapat memperpendek jangkawan masyarakat di pelosok ibu kota untuk memperoleh komoditas dengan harga murah dari Bulog.
    Ia mengaku konsep RPK sudah diterapkan Bulog Sub Divre Tanjungpinang ke 20 titik. Hanya saja transaksi penjualan tetap dibatasi dengan Harga Eceran Tertingi (HET) yang ditentukan oleh Bulog.
    “Saat ini kami sendang melakukan pendataan untuk menambah jumlah mitra, Insya Allah program RPK akan ada di setiap kelurahan di Tanjungpinang,” ucapnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com