• Program Kuliah Gratis Di SUMSEL Segera Diluncurkan

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Program kuliah gratis yang dijanjikan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin bersama wakilnya Ishak Mekki pada saat kampanye pemilihan kepala daerah provinsi setempat dua tahun lalu segera diluncurkan.
    “Program kuliah gratis dijadwalkan diluncurkan oleh Pak Gubernur (Alex Noerdin) di Palembang nanti tanggal 22 Agustus,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Widodo di Palembang, Rabu.
    Dia menjelaskan, pengertian kuliah gratis adalah program untuk meringankan beban orang tua/wali dari kewajiban membayar biaya uang kuliah tunggal (UKT) yang ditentukan oleh pemerintah untuk program studi masing-masing perguruan tinggi.
    Program kuliah gratis untuk Sumsel gemilang merupakan pengembangan program sekolah gratis yang diluncurkan pada 2002 atas dasar Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Selatan No.3/2015 tentang kuliah gratis dan Peraturan Gubernur Sumsel No.22/2015 tentang kuliah gratis.
    Program kuliah gratis (PKG) diselenggarakan Pemprov Sumsel bekerja sama dengan perguruan tinggi yang ditunjuk.
    Untuk melaksanakan program tersebut dibentuk tim manajemen yang ditetapkan dengan keputusan gubernur, sedangkan biaya kuliahnya diberikan melalui perguran tinggi tempat mahasiswa belajar, katanya.
    Menurut dia, untuk mengikuti program tersebut harus lulus seleksi, bagi lulusan sekolah menengah atas sederajat dari kalangan keluarga miskin dipersilakan mengikuti seleksi.
    Seleksi penerimaan mahasiswa program kuliah gratis dilakukan dengan cara perguruan tinggi yang ditunjuk bekerja sama dengan tim manajemen melaksanakan seleksi awal terhadap calon mahasiswa penerima PKG.
    Mahasiswa yang lulus seleksi diajukan kepada gubernur melalui Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel untuk ditetapkan sebagai mahasiwa penerima PKG.
    Program kuliah gratis diberikan kepada mahasiswa yang memilih jurusan di perguruan tinggi dalam wilayah Sumsel, luar provinsi, dan perguruan tinggi di luar negeri yang menunjang arah kebijakan pembangunan provinsi ini atau berhubungan dengan kawasan ekonomi, tambang, lumbung energi, monorel, hilirisasi, pembangunan pusat ikan tawar, pembangunan kebun raya, rumah sakit , dan pengelolaan lingkungan.
    Arah kebijakan pembangunan provinsi Sumsel terangkum dalam 64 program studi kuliah gratis di antaranya program studi adminsitrasi bisnis, agribisnis, akuntansi, bahasa Inggris, geologi, ilmu komunikasi, hukum, kelautan, jurnalistik, kesehatan masyarakat, manajemen, peternakan, teknik elektro, usaha perjalanan wisata, hotel accomodation, dan mining engineering, kata Widodo.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com