• Pontianak Kekurangan Blanko KTP Elektronik

    0

       Pontianak, jurnalsumatra.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak, saat ini kekurangan stok blanko untuk KTP Elektronik, kata Wali kota setempat, Sutarmidji.
    “Saat ini blanko yang ada hanya sebanyak 3.086, sementara yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik masih sebanyak 63.497 jiwa,” kata Sutarmidji di Pontianak, Selasa.
    Menurut Sutarmidji, atas kekurangan blanko tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dirjen Dukcapil dan mendapat respon dengan mengirimkan sebanyak enam ribu blanko KTP Elektronik dua pekan lalu.
    “Tetapi sekarang blanko tinggal tersisa 3.086 lembar, yang diperkirakan dalam dua hingga tiga hari sudah habis. Saya berharap kekurangan sekitar 63 ribu blanko tersebut, secepatnya bisa dikirim sehingga pelayanan perekaman KTP Elektronik tidak sampai terhenti,” katanya.
    Dalam kesempatan itu, Sutarmidji menyayangkan masih adanya segelintir warga yang enggan mengurus KTP Elektronik padahal pengurusannya gratis.
    Sudah semestinya setiap warga mengantongi KTP Elektronik, sebab itu adalah identitas sebagai penduduk. Bila tidak memiliki identitas sebagai penduduk, maka pihaknya tidak bisa mengakui warga bersangkutan sebagai warga Kota Pontianak.
    Dalam kesempatan itu, Wali Kota Pontianak mengancam akan mendenda warganya yang kedapatan tidak memiliki KTP Elektronik hingga batas yang telah ditentukan, yakni akhir September 2016.

        “Mulai hari ini, kami tidak akan melayani kepengurusan administrasi apapun bagi warga yang belum memiliki KTP Elektronik. Selain itu, kami juga akan melakukan razia dari rumah ke rumah terkait itu,” katanya.
    Sutarmidji juga meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Pontianak, bahkan bila perlu pihak kepolisian agar tidak melayani warga yang masih memegang KTP lama, terkecuali untuk laporan-laporan tindak pidana kriminal.
    Pemkot Pontianak mencatat, hingga kini jumlah warga wajib KTP Eleketronik sebanyak 466.852 jiwa. Dari jumlah tersebut, yang sudah mengantongi KTP Elektronik sebanyak 403.355 jiwa atau sekitar 63.497 jiwa orang yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik.
    “Kemudian dari 466.852 jiwa itu, ada 2.357 jiwa yang sudah melakukan perekaman tetapi KTP Elektroniknya secara fisik hingga hari ini belum ada karena waktu itu pencetakan masih terpusat di Kementerian Dalam Negeri,” ujarnya.
    Ia mengimbau, kepada 2.357 warga yang telah melakukan perekaman KTP Elektronik tetapi belum memiliki secara fisik KTP Elektroniknya agar kembali melakukan perekaman di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pontianak untuk diverifikasi ulang dan dicetak KTP Elektroniknya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com