• POLSEK Bukit Batu Amankan Oknum Pembakar Lahan

    0

    Palangka Raya, 18/8 (Antara) – Kepolisian Sektor (Polsek) Bukit Batu, Kota Palangka Raya berhasil mengamankan seorang oknum warga yang melakukan pembakaran lahan.
    Kapolsek Bukit Batu, IPTU Saldicky Julanda Alkarim S.IK di Palangka Raya, Selasa mengatakan, oknum warga tersebut diamankan pihaknya pada Minggu siang saat membersihkan lahan.
    “Tersangka Jl berhasil diamankan anggota polsek pada Minggu siang sekitar pukul 12.00 WIB. Tersangka berhasil diamankan saat melakukan pembersihan lahan,” kata Saldicky.
    Saat ini, lanjut dia, dalam penanganan kasus tersebut pihaknya tengah memasuki tahapan pembuatan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) untuk tersangka dan BAP untuk Saksi.
    “Untuk laporan penangkapan kita sudah dan untuk sketsa wilayah kita juga selesai. Sementara untuk barang bukti kita amankan satu pancis (korek api),” katanya.
    Ia menerangkan, tersangka bukan pemilik lahan melainkan hanya orang yang disuruh pemilik untuk membersihkan.
    “Sebelumnya atas perintah pemilik lahan orang tersebut diperintahkan untuk membersihkan lahan. Tetapi atas inisiatif sendiri, pelaku menumpuk daun dan membakarnya yang kemudian ditinggal begitu saja. Setelah tiga hari api baru membesar,” ia bercerita.
    Kapolres Palangka Raya, AKBP Jukiman Situmorang S.IK. M.HUM pun membenarkan kejadian tersebut dan saat ini pihaknya tengah melakukan pendalaman terhadap kasus pembakaran lahan itu.
    Sementara untuk tersangka, atas perbuatannya diberikan ancaman dengan paling tidak Rp5 juta.
    “Dari ketentuan Pergub kita ancam dengan denda Rp5 juta, kurungan tiga bulan. Namun akan kita lakukan pendalaman, apakah bisa masuk dalam KHUP atau tidak. Secara sengaja atau tidak kita tetap akan proses dan kita akan tindak tegas setiap pelanggaran,” kata Jukiman.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com