• POLRES Sawahlunto Butuh Rp1 Miliar Amankan PILGUB

    0

    Sawahlunto, jurnalsumatra.com – Kepolisian Resor (Polres) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), memperkirakan kebutuhan dana untuk pengamanan pemilihan gubernur Sumbar 2015, mencapai Rp1 miliar lebih.
    Wakil Kepala (Waka) Polres setempat, Kompol Budi Siswono, di Sawahlunto, Selasa, mengatakan jumlah dana tersebut dialokasikan untuk membiayai kebutuhan operasional dalam pelibatan jajaran Polres kota itu pada tahapan pemilihan nantinya.
    “Kami akan menyiagakan sebanyak dua per tiga kekuatan pasukan yang ada di Polres Kota Sawahlunto, untuk mengawal tahapan Pilgub 2015 sejak masa kampanye sampai pelantikan,” katanya.
    Menurutnya, para petugas kepolisian tersebut nantinya akan dipusatkan untuk menjaga kondusifnya situasi ketertiban dan keamanan selama tahapan berlangsung, khususnya pada masa kampanye dan proses pungut hitung.
    Terkait pendirian Posko Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang merupakan salah satu instrumen penting dalam penindakan pelanggaran Pemilu, pihaknya masih menunggu kepastian dari pihak Bawaslu provinsi melalui Panwaslu Kota Sawahlunto.
    “Berdasarkan informasi terakhir yang kami terima, mereka masih terkendala masalah pendanaan sekaitan dengan tidak dilaksanakannya pemilihan kepala daerah di kota ini,” ujarnya.
    Sementara alokasi dana pengawasan Pemilu pada Pilkada serentak tahun 2015, katanya melanjutkan, bersumber dari alokasi dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) masing-masing pemerintah kota dan kabupaten.
    Dia mengatakan, secara umum pihaknya sudah siap melaksanakan perintah Kapolda Sumbar, Brigjen Polisi Bambang Sri Herwanto, yang menargetkan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2015 dengan tanpa asap, tanpa kaca pecah dan tanpa darah mengalir.
    “Saat ini upaya-upaya pengamanan tahapan berupa tindakan pencegahan terus dilakukan, yakni melakukan koordinasi intensif dengan seluruh pihak terkait guna memetakan titik-titik rawan konflik serta upaya penanganannya,” kata dia.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com