• Polres Banyumas Antisipasi Kemacetan Saat Idul Adha

    0

         Purwokerto, jurnalsumatra.com – Kepolisian Resor Banyumas, Jawa Tengah, berupaya mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas saat Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah, kata Kepala Polres Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Gidion Arif Setyawan.
    “Kami terjunkan sepertiga kekuatan, sekitar 500 personel terdiri atas TNI, Polri, Dinhubkominfo, dan Satpol PP yang akan difokuskan pada bentang jalur antara Pekuncen sampai dengan Sumpiuh. Ini untuk mengantisipasi kemacetan seperti kemarin saat Hari Raya Idul Fitri,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis.
    Ia memperkirakan titik kemacetan masih seperti saat Hari Raya Idul Fitri, yakni di ruas Ajibarang hingga Pekuncen terutama saat arus balik meninggalkan wilayah Banyumas.
    Dengan demikian, kata dia, pengamanan jalur lebih difokuskan pada saat arus balik.
    Menurut dia, arus mudik yang masuk ke wilayah Banyumas menjelang Hari Raya Idul Adha diperkirakan meningkat 30 persen dari kondisi normal.
    Sementara untuk antisipasi aksi teror, lanjut dia, akan dilakukan bersama-sama dengan Brimob dan TNI di tempat-tempat penyembelihan hewan kurban.

         “Itu yang utama tetapi juga karena Idul Adha jatuhnya pada hari Senin (12/9), artinya ada kerawanan pada hari Sabtu dan Minggu. Oleh karena itu, kami mengantisipasi kejadian di tempat lain yang melakukan ibadah pada hari Sabtu dan Minggu,” katanya.
    Selain mengamankan jalur dan tempat ibadah maupun tempat penyembelihan hewan kurban, kata dia, pengamanan juga dilakukan di sejumlah objek wisata terutama di curug-curug.
    Menurut dia, pengamanan akan dilakukan mulai hari Jumat (9/9) sore hingga Senin (12/9) sore.
    “Kami ingatkan agar pengamanan mako (markas komando), baik Mako Polisi maupun Mako TNI ditingkatkan karena ini libur panjang,” katanya.
    Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Banyumas Ahmad Riyanto mengatakan pihaknya telah menyiapkan rambu-rambu dan rekayasa lalu lintas terutama di titik rawan kemacetan.
    Terkait peningkatan jumlah penumpang angkutan umum saat libur Hari Raya Idul Adha, dia memperkirakan akan terjadi peningkatan sekitar 5 persen seperti tahun sebelumnya.
    “Atau ada sedikit peningkatan dari tahun kemarin,” katanya.
    Kendati demikian, dia mengatakan peningkatan jumlah penumpang tersebut masih dapat dipenuhi oleh bus-bus reguler tanpa harus mendatangkan bus cadangan.
    Menurut dia, hal itu disebabkan ketersediaan bus reguler di Banyumas sekitar 300 unit, baik bus antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun antarkota antarprovinsi (AKAP).(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com