• Polisi Ungkap Komplotan Spesialis Pencurain Kendaraan Bermotor

    0

         Kendari, jurnalsumatra.com – Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) mengungkapkan di hadapan media terkait komplotan pelaku spesial pencurian kendaraan bermotor dan barang elktronik lainnya yang selama ini meresahkan masyarakat di daerah ini.
    “Tersangkanya sudah tertangkap sembilan orang,  yang selama ini beraksi di rumah warga di empat daerah,” kata Kabid Humas Polda Sultra AKBP Sunarto bersama Direktur Ditreskrimum Polda Sultra AKBP Chusaini Patoppoi di Kendari, Rabu.
    Ia mengatakan, para pelaku beraksi di rumah warga di empat daerah yakni di Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, dan Kabupaten Konawe Utara. Mereka berjumlah sembilan orang, tiga diantaranya bertindak sebagai penadah barang hasil curian.
    Adapun para penadah tersebut berinsial ML Bin DM, LS dan RA, sementara pelaku pencurian adalah ZM (residivis), SL, RS, SR, IM dan AJ.

         Menurut Sunarto, modus para pelaku masuk ke dalam rumah sasaran dengan mencungkil pintu dan jendela atau masuk lewat plafon.
    Setelah berhasil masuk kedalam rumah korban, pelaku lalu menggasak sepeda motor, barang elektronik maupun barang berharga lainnya.
    Selanjutnya sepeda motor curian tersebut kemudian dijual kepada penadah dengan harga Rp2 juta hingga Rp3 juta per buah.
    “Kepada para tersangka kami didakwa melanggar pasal 363, sementara penadah pasal 480 KUHP. Ancaman hukumannya sekitar sembilan tahun,” tutur AKBP Chusaini Patoppoi.
    Dari tangan para pelaku, Polisi berhasil menyita 25 motor dari berbagai jenis, televisi layar lebar, laptop, printer hingga handphone. Barang tersebut kini diamankan di Mapolda Sultra.
    Bagi masyarakat yang pernah merasa kecurian barang, bisa melihat barang bukti tersebut di Ditreskrimum Polda Sultra dengan menunjukkan bukti bukti kepemilikan yang syah.
    Guna menghindari adanya kejadian serupa, polisi menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam mengamankan barang dirumah, memarkir kendaraan bermotor dengan kunci ganda, serta selalu memeriksa pintu dan jendela sebelum tidur.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com