• Polda Sumut Lakukan Persiapan Hadapi Potensi Bencana      

    0

    Medan, jurnalsumatra.com- Kepolisian Daerah Sumatera Utara melakukan persiapan guna menghadapi potensi bencana alam dan kecelakaan yang dapat terjadi sewaktu-waktu di daerah itu.
    Kesiapan itu ditandai dengan apel pasukan dan pemeriksaan peralatan di Mako Satuan Brimob Polda Sumut di Jalan Wahid Hasyim Medan, Selasa.
    Dalam pemeriksaan itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Raden Budi Winarso mencoba satu persatu peralatan yang dimiliki institusi penjaga keamanan tersebut.
    Usai melakukan pemeriksaan, Kapolda mengakui adanya sejumlah peralatan yang belum siap pakai untuk dipergunakan sewaktu-waktu jika terjadi bencana alam.
    Untuk itu, Kapolda meminta personel yang ditugaskan menjaga dan mengoperasikan peralatan tersebut dengan selalu mengecek kesiapannya.
    “Alat ini dibeli dari uang rakyat. Jadi, harus dipelihara. Alat ini dibeli bukan untuk pameran, bukan juga untuk dimuseumkan,” katanya.
    Kapolda juga meminta seluruh personel untuk rutin melakukan latihan agar memiliki kesiapan jika sewaktu-waktu diturunkan guna memberikan bantuan terhadap bencana yang mungkin terjadi.
    Ia mencontohkan sikap yang ditunjukkan prajurit TNI yang setiap minggu menjalani latihan sehingga selalu siap jika dibutuhkan.
    Mantan Kadiv Propam Polri itu mengakui jika peralatan yang dimiliki Polda Sumut cukup canggih untuk diturunkan ke lapangan dalam memberikan bantuan, baik penanggulangan bencana maupun pertolongan dalam kecelakaan.
    Ia mencontohkan peralatan yang mampu memotong beton atau kendaraan yang bisa mengangkat mobil yang berada dalam jurang akibat kecelakaan.
    Namun peralatan yang canggih tersebut harus diiringi dengan kesiapan dan kemampuan personel dalam mengoperasikannya, serta kesigapan di lapangan.
    Kesiapan dan kesigapan itu akan diperoleh jika rutin melakukan latihan. “Peralatan canggih tetapi kemampuan kurang, tidak ada gunanya,” kata Kapolda.
    Kasat Brimob Polda Sumut Kombes Pol Zulfikar mengatakan, pihaknya melaksanakan apel pasukan dan pemeriksaan peralatan itu untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi bencana yang tidak terprediksi.
    Dia mengakui adanya beberapa yang kurang siap digunakan, tetapi lebih pada kendala teknis seperti baterai kendaraan yang kurang cepat menyala karena tidak sering dioperasikan.
    Pihaknya akan mengatasi kendala itu, termasuk dengan rutin melakukan latihan sehingga dapat memiliki kesiapan dan kesigapan ketika diturunkan ke lokasi bencana.
    Bersama satuan wilayah dan detasemen yang ada di daerah, pihaknya juga terus melakukan pemetaan terhadap lokasi-lokasi yang rawan bencana.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com