• Petugas temukan hewan kurban tak penuhi syarat

    0

    Baturaja ,jurnalsumatra.com- Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menemukan relatif banyak hewan kurban di Pasar Kota Baturaja tidak memenuhi syarat.

    Oleh karena itu, Kabid Hewan dan Kesmavet Dinas Peternakan dan Perikanan Ogan Komering Ulu (OKU) Susi Meliarti di Baturaja, Selasa (6/9), mengimbau masyarakat supaya hati-hati dan teliti saat akan membeli hewan kurban.

    Ia yang didampingi Kasi Kesmavet Apran–saat melakukan pemeriksaan hewan kurban–menegaskan berdasarkan syariat agama Islam bahwa usia hewan untuk kurban adalah minimal 2 tahun dan tidak pincang.

    Meskipun belum ditemukan hewan berpenyakit, kata Susi Meliarti, relatif banyak hewan kurban, baik sapi, kerbau, maupun kambing, di pasaran Baturaja tak memenuhi syarat karena belum cukup umur.

    Kondisi itu terungkap saat tim Dinas Peternakan dan Perikanan setempat melakukan pengecekan hewan kurban di beberapa tempat penjualan di Baturaja memang belum ditemukan hewan berpenyakit. Akan tetapi, relatif banyak yang belum cukup umur.

    Dijelaskannya, dari 40 hewan kambing yang diperiksa, sebanyak 11 kambing di antaranya belum cukup umur.

    Untuk hewan sapi, lanjut dia, dari 47 sapi yang diperiksa, 12 di antaranya belum cukup umur.

    Selain itu, pihaknya juga menemukan seekor kambing dalam kondisi tidak sehat.

    “Jadi, masyarakat harus jeli saat membeli hewan kurban. Kalau ragu, minta surat keterangan dari pemilik usaha jika sudah diperiksa dinas terkait,” katanya.

    Ia menjelaskan ciri-ciri hewan kurban bisa dilihat dari gerak gerik serta tingkah lakunya, keadaan fisik yang lengkap dan bulunya mulus tidak cacat serta umurnya pas.

    “Untuk umur kambing 1 tahun ke atas dan sapi 2 tahun ke atas,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com