• Perusahaan Diminta Siapkan Alat Pemadam Kebakaran        

    0

    Kuala Pembuang, jurnalsumatra.com- Perusahaan besar swasta di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah diminta menyiapkan alat pemadam kebakaran untuk membantu penanganan kebakaran hutan di kabupaten tersebut.
    “Masing-masing perusahaan, baik perusahaan perkebunan maupun perusahaan kehutanan kita harapkan untuk menyiapkan alat pemadam kebakaran yang standar,” kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Sabtu.
    Ia mengatakan perusahaan punya kewajiban untuk memastikan wilayah operasionalnya aman dari kebakaran,  dan perusahaan juga harus membantu desa atau wilayah di sekitar perusahaan agar terhindar dari kebakaran.
    “Kewajiban itu tidak bisa dipisahkan, karena kalau di dalam perusahaan aman sementara di sekitar perusahaan terjadi kebakaran maka akhirnya perusahaan juga akan terancam,” katanya.
    Untuk memastikan wilayah perusahaan dan sekitarnya aman dari kebakaran, maka perusahaan harus memiliki alat pemadam kebakaran yang memadai dan mampu digunakan skala besar maupun kecil.
    Sejauh ini hanya sedikit perusahaan yang memiliki alat pemadam kebakaran standar, dan untuk menanggulangi kebakaran di wilayahnya banyak perusahaan masih mengandalkan mobil tangki air yang hanya dilengkapi mesin pompa.
    “Jadi perusahaan harus punya alat pemadam yang standar, bukan hanya sekedar mobil tangki air seperti yang banyak digunakan perusahaan saat ini, karena mobil tangki itu bukan untuk memadamkan kebakaran,” katanya.
    Menurutnya, untuk mengamankan wilayah operasional perusahaan yang sangat luas dari bahaya kebakaran paling tidak diperlukan satu unit mobil pemadam dengan kapasitas ribuan liter lalu ditunjang dengan personel serta perlengkapan pemadam yang standar lainnya.
    “Kita nanti mengimbau agar perusahaan punya minimal satu unit mobil pemadam kebakaran untuk mengamankan wilayah perusahaan dan sekitarnya dari kebakaran, kalau semua berjalan dengan baik maka penanggulangan kebakaran di Seruyan sudah tercover secara umum,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com