• PERDAMI Gelar Operasi Katarak Di Solok Selatan

    0

    Padang Aro, Sumbar, jurnalsumatra.com – Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) direncanakan menggelar operasi katarak gratis bagi masyarakat di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) pada 28 Agustus 2015.
    Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman di Padang Aro, Rabu, mengatakan untuk bisa mengikuti operasi katarak gratis ini warga harus mendaftar dahulu ke Dinas Kesehatan setempat dan sekarang pihaknya sudah menerima 143 orang yang mendaftar.
    “Setiap orang yang mendaftar tidak akan langsung dioperasi, tetapi dilakukan screening di RSUD Muaralabuh dulu untuk mengetahui apakah pasien memenuhi syarat untuk dioperasi,” kata dia.
    Saat screening akan diuji seberapa parah tingkat kataraknya serta tekanan darah peserta supaya saat operasi tidak ada kendala.
    “Screening dilakukan Jumat 28 Agustus, sedangkan untuk operasinya dilakukan keesokan harinya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD),” kata dia.
    Dia menjelaskan, bagi masyarakat yang sudah ditanggung oleh BPJS maka tidak dibebankan lagi pada Perdami.
    Sedangkan masyarakat yang tidak ada BPJS kata dia, baru semua biayanya ditanggung Perdami.
    Operasi katarak gratis ini imbuhnya, merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan di Solok Selatan.
    Operasi katarak tidak hanya bagi warga yang berusia tua, tetapi untuk semua kalangan.
    Berdasarkan pengalaman tahun lalu ada juga warga yang masih muda, tetapi sudah katarak dan melakukan operasi gratis ini.
    Salah seorang warga Sangir, Emil (69) mengatakan, ia pernah mengikuti operasi katarak lima tahun lalu dan sekarang penglihatannya jauh lebih baik.
    “Saya dulu pernah operasi katarak gratis dan saya sangat mendukung kegiatan ini karena manfaatnya sangat bagus,” kata dia.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com