• Penjualan Hewan Kurban Di Bengkulu Menurun    

    0

    Bengkulu, jurnalsumatra.com- Dinas Peternakan Kota Bengkulu menyebutkan penjualan hewan kurban di Kota Bengkulu selama gelaran Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah turun sekitar 40 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.
    Kepala Dinas Peternakan Kota Bengkulu Matriani Amran di Bengkulu, Selasa mengatakan dari data para peternak sebagai penyedia hewan kurban di kota itu terjadi pada jenis sapi maupun kambing.
    “Hampir sama, baik jenis sapi maupun kambing, seperti peternak di Kelurahan Tebeng, mereka tahun lalu bisa menjual 115 sapi, sedangkan kali ini hanya sekitar 60 sapi saja,” kata dia.
    Dari keterangan peternak, kata dia, penurunan penjualan lebih disebabkan menurunnya kemampuan masyarakat untuk membeli hewan kurban.
    “Dua bulan lalu baru saja lebaran Idul Fitri yang menguras keuangan masyarakat,” kata dia lagi.
    Idul Fitri juga berbarengan dengan libur sekolah dan dilanjutkan dengan tahun ajaran baru. Selain kebutuhan rekreasi, banyak kebutuhan pokok yang harus dipenuhi masyarakat seperti uang sekolah anak, biaya masuk sekolah dan berbagai macam kebutuhan pendidikan lainnya.
    “Tetapi masih banyak juga yang berkurban, kemungkinan mereka telah mengalokasikan dana untuk itu jauh hari,” ucapnya.
    Dari pantauan Dinas Peternakan Kota Bengkulu, hewan kurban masyarakat dapat dipenuhi dari budidaya peternak lokal, bukan mendatangkan dari daerah luar.
    “Kita mampu memenuhi sendiri, dengan begitu hewan kurban di Bengkulu terjamin bebas dari penyakit Antraks, karena tidak ada hewan yang didatangkan dari daerah tertular,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com