• Pengamat: RUU Pemilu Bertujuan Perkuat Parpol

    0

         Medan, jurnalsumatra.com – Rancangan Undang-Undang Pemilu yang tengah dibahas DPR yang berisi pengetatan persyaratan bagi calon anggota legislatif bertujuan untuk memperkuat peran partai politik.
    “Setiap yang akan diajukan menjadi calon anggota DPR itu harus terlebih dulu aktif di parpol minimum selama satu tahun,” kata pengamat politik dari Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Badaruddin, MA di Medan, Kamis.
    Ketentuan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu itu, menurut dia, perlu didukung oleh parpol sebagai upaya untuk melahirkan kader-kader yang berkualitas.
    “Sebab, mereka ini nantinya akan didudukkan menjadi anggota DPR, dan tentunya orang-orang pilihan yang telah melalui seleksi ketat dilakukan parpol,” ujar Badaruddin.
    Ia mengatakan, kebolehan mencalonkan itu diharapkan bukan karena kedekatan dengan pimpinan parpol sehingga tidak perlu mengikuti prosedur yang berlaku.

         Hal seperti itu jelas tidak benar dan tidak mencerminkan seorang calon anggota legislatif yang baik sehingga harus dicegah oleh pimpinan parpol.
    “Cara-cara  eperti ini tidak terhormat sebagai calon anggota DPR, dan masyarakat tidak akan menghormati,” ucapnya.
    Badaruddin menyebutkan, sebagai parpol yang ingin dicintai masyarakat dan para pendukungnya, seharusnya merekrut calon anggota legislatif secara jujur, terhormat atau tidak “neko-neko”.
    Apalagi calon anggota DPR yang “dilahirkan” itu merupakan cerminan dari parpol tersebut sehingga harus dijaga dengan baik.
    Selain itu, diharapkan tidak sampai ada tudingan terhadap parpol tersebut telah menciptakan kader “kutu loncat” karena hal itu jelas sangat memalukan.
    “Pimpinan parpol dalam menjaring calon anggota DPR diharapkan harus berlaku dengan jujur dan secara terhoramat, serta tidak melanggar ketentuan RUU Pemilu tersebut,” kata mantan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) USU itu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com