• Pemprov Sumsel Serahkan Terminal Type A Ke Pusat

    0

    logo-dishubPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Sumsel Akan Menyerahkan Tujuh Terminal Tipe A Kepada Kementerian Perhubungan Republik indonesia (Kemenhub RI), Penyerahan tersebut Karna Menindak lanjutin Undang – Undang  Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

    “Mulai 1 Januari 2017 mendatang terminal Tipe A pengelolaannya mulai efektif dilakukan oleh Kementerian Perhubungan. Di Sumsel ada tujuh terminal Tipe A yang akan diserahkan ke Pusat,” ungkap Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan dan Perkeretaapian pada Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Sumsel, Sudirman, kepada wartawan diruang kerjanya, Selasa (27/9).

    Dia juga Menjelaskan. saat ini pihaknya tengah melakukan proses pendataan terhadap seluruh terminal yang ada di Sumsel. Pasalnya, pengalihan pengelolaan tak hanya untuk terminal Tipe A saja melainkan terminal Tipe B dan juga Tipe C.

    “Kalau terminal Tipe B akan dikelola oleh Pemerintah Provinsi, namun untuk Tipe C tetap dikelola oleh Pemkab maupun Pemkot,” ujarnya.

    Lanjut Dia. Sumsel saat ini memiliki 13 terminal Tipe B yang tersebar disejumlah kabupaten/kota di Sumsel. Ke 13 terminal Tipe B inilah yang nantinya akan dikelola oleh Pemprov Sumsel pada 2017 mendatang.

    “Kalau untuk Tipe C seluruh kabupaten/kota memilikinya. Saat ini kita masih terus melakukan pendataan, karena tak hanya terminalnya saja yang akan dialihkan melainkan seluruh personel juga ikut dialihkan secara otomatis,” kata dia.

    Dia juga Menambahkan, Penyerahan tersebut dikarenakan arus kendaraan masih sedikit yang melintas di terminal Tipe A, termasuk pula dipengaruhi oleh letak geografis terminal yang ada.

    “Kalau angkutan kota biasanya melalui lalu lintas yang ramai. Misalnya di Lintas Timur itu seperti di Tugumulyo, sedangkan Tipe A kita berada di Karyajaya. Jadi mereka kan tidak bisa melintas disana,” jelasnya.

    Khusus Palembang, masih kata Sudirman. saat ini ada terminal Tipe C yang sekarang ada di Lemabang, Plaju, dan Prumnas, sedangkan Tipe B ada daerah yang memiliki dan ada pula yang tidak. Kalau Terminal Tipe A di Palembang ada dua yakni Terminal Alang Alang Lebar dan Karyajaya.

    “Pengelolaan terminal memang tidak terfokus seperti jembatan timbang, karena jembatan timbang itu sebagai alat pengawasan di jalan yang dikhawatirkan akan overload serta mengurangi tindakan yang dilakukan Dishub. Pasalnya, jembatan timbang itu bukan tempat mencari PAD,”tegasnya.(MaDoN)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com