• Pemprov SUMSEL maksimalkan pencegahan kebakaran hutan

    0

    Palembang ,jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus memaksimalkan pencegahan kebakaran hutan dan lahan supaya kabut asap tidak terjadi seperti tahun sebelumnya.

    Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Kamis mengatakan, sekarang sudah dibentuk satuan tugas pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan ketua Danrem 044 Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo.

    Satgas tersebut terus siaga dalam mengantisipsi agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan, katanya.

    Menurut dia, kesiagaan tersebut karena tahun lalu hutan dan lahan di Sumsel banyak terbakar dan itu harus dicegah dini.

    Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Iriansyah mengatakan, pihaknya terus memaksimalkan pencegahan dan pemadaman bila terdapat titik api dan terjadi kebakaran.

    Namun, lanjut dia, masih sering terjadi hambatan bila terjadi kebakaran di lahan gambut pada malam hari, karena Satgas tidak bisa maksimal sebab lokasi sulit dijangkau.

    Dia mengatakan, seperti terjadi di wilayah Pangkalan Lampam di pesisir timur Kabupaten Ogan Komering Ilir lalu pernah terjadi kebakaran hutan pada petang hari.

    Satgas sulit menjangkau karena wilayahnya jauh, namun api tetap bisa dipadamkan berkat partisipasi warga setempat, ujar dia.

    Memang, kata dia, berkurangnya titik api tahun ini karena Pemerintah Provinsi Sumsel minta kepada perusahaan perkebunan untuk terus maksimal melakukan pencegahan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com