• PEMPROV Papua Minta PPID Buat Website

    0

    Jayapura, jurnalsumatra.com- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Biro Humas dan Protokol Setda setempat, meminta Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungannya untuk segera membuat website atau halaman informasi bagi masyarakat.
    Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Papua Israil Ilolu, di Jayapura, Selasa, mengatakan pembuatan website atau halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet ini agar dapat diakses secara mudah oleh masyarakat.
    “Kehadiran website menjadi salah satu persyaratan keterbukaan informasi publik yang diterbitkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri,” katanya.
    Israel menjelaskan sehingga jika belum membuat website maka instansi tersebut dianggap belum benar-benar terbuka kepada publik.
    “Sebab ada sekitar tujuh kriteria dari Kementerian Dalam Negeri kepada PPID yang dianggap sudah terbuka kepada publik,” ujarnya.
    Dia menuturkan tujuh kriteria tersebut di antaranya memiliki peraturan gubernur pembentukan PPID, kemudian SK PPID tingkat provinsi yang dibuat gubernur, SK PPID SKPD yang dibuat kepala dinas dan website tentunya.
    “Lalu nanti ada standar operasional prosedur (SOP) dan terakhir Desk layanan atau meja layanan, di mana bila tujuh persyaratan ini sudah dipenuhi maka dianggap sudah terbuka ke publik,” katanya lagi.
    Dia menambahkan meski begitu, PPID diwajibkan mendapat penganggaran dari masing-masing SKPDnya termasuk membuat laporan tahunan kepada PPID tingkat provinsi yang diketuai Kepala Biro Humas Setda Provinsi Papua.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com