• Pemprov Papua: Lulusan SMK Siap Hadapi MEA

    0

        Jayapura, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menilai lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan tenaga kerja yang siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
    Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Papua Elia Loupatty, di Jayapura, Selasa mengatakan, untuk menghadapi MEA, diperlukan sumber daya manusia yang terampil.
    “Terampilnya itu tidak harus S1, S2 atau S3, justru tenaga terampil SMK itu luar biasa, di mana dalam sebuah perusahaan tidak bisa semua manajer, harus ada orang ‘middle dan ‘lower’ jika tidak siapa yang mau kerja,” katanya.
    Kedudukan SMK sangatlah teknis dan dibutuhkan, tambahnya, banyak pihak menyebutnya “bersekolah yang dibutuhkan oleh masyarakat” karena jika ditekuni serta dilakukan setiap hari maka akan menjadi orang berpengetahuan juga berkemampuan teknis tertentu.

        “Untuk Papua, SMK sendiri sangat cocok dengan kondisi yang berada di wilayah kabupaten dan kota, pasalnya kawasan ini membutuhkan tenaga terampil serta tidak memerlukan seolah yang tinggi,” ujarnya.
    Dia menuturkan tetapi dengan tamatan SMK diharapkan para lulusan ini dapat memperoleh keterampilan tertentu yang cukup untuk melakukan sesuatu tertentu pula sesuai dengan kejuruan yang dimiliki.
    Sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Provinsi Papua mendorong kabupaten dan kota di wilayahnya untuk memperbanyak jumlah sekolah kejuruan.
    Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Elias Wonda, mengatakan hal itu penting karena kebutuhan pasar yang kini lebih mengarah kepada tenaga kerja terampil.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com