• PEMKOT Tingkatkan Kesadaran Warga Bayar Pajak Kendaraan      

    0

    Magelang, jurnalsumatra.com – Tim gabungan Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, meningkatkan kesadaran warga dalam membayar pajak kendaraan bermotor melalui operasi yang secara khusus untuk memeriksa pengendara terkait dengan ketaatan mereka membayar pajak tersebut.
    “Dalam operasi ini, untuk memberikan kesadaran pemilik kendaraan bermotor menjadi wajib pajak yang taat membayar pajak kendaraannya,” kata Kepala Unit Pelayanan Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah Pemkot Magelang Bangun Trintiyanto di sela operasi oleh tim gabungan tersebut di Magelang, Selasa.
    Tim gabungan yang melakukan operasi di halaman bekas Gedung Bioskop Magelang Theater, Jalan Ahmad Yani Kota Magelang, itu terdiri atas petugas UP3AD Pemkot Magelang, Jasa Raharja, dan Satlantas Polres Magelang Kota.
    Dalam operasi selama sekitar 2 jam, tim gabungan berhasil menjaring 55 pengendara sepeda motor yang belum melunasi kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor.
    Mereka yang terjaring dalam operasi itu diminta segera melakukan kewajibannya membayar pajak kendaraan bermotor. Mereka diminta membuat surat pernyataan yang intinya tentang kesediaan waktu untuk melaksanakan kewajiban tersebut. Mereka juga diminta mencantumkan nomor telepon dalam surat pernyataan tersebut.
    “Supaya kami bisa mengubungi, untuk mengingatkan lagi tentang kewajiban membayar pajak ini,” katanya.
    Berdasarkan data UP3AD Pemkot Magelang, total tunggakan wajib pajak kendaraan bermotor selama 2016 sekitar Rp11 miliar dengan sebagian besar berasal dari para pemilik kendaraan bermotor roda dua.
    Ia menjelaskan tentang pentingnya operasi tersebut yang sebagai salah satu cara meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor.
    Pihaknya akan melanjutkan operasi pajak kendaraan bermotor tersebut pada masa mendatang dengan penentuan tempat yang berbeda-beda di daerah setempat.
    Pada kesempatan itu, dia juga menyebutkan tentang upaya lainnya untuk menekan angka penunggak pajak kendaraan bermotor yang dilaksanakan Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah Provinsi Jawa Tengah sejak 2 Januari hingga 31 Desember 2016.
    Upaya itu, kata dia, melalui undian “Gebyar Hadiah Samsat” bagi pemilik kendaraan bermotor yang telah melunasi kewajiban membayar pajak pada tahun 2016. Pemenang undian mendapat hadiah berupa satu mobil dan enam sepeda motor, sedangkan pengundian rencananya pada Januari 2017.
    “Selain untuk meningkatkan pembayaran pajak kendaraan bermotor juga menjadi wujud terima kasih kepada wajib pajak yang telah taat membayar pajak tepat waktu,” katanya.
    Dalam operasi tersebut, Satlantas Polres Magelang Kota juga menindak 186 pelanggar lalu lintas, terutama karena pemakai kendaraan tindak bisa menunjukkan surat izin mengemudi dan kekurangan pada kelengkapan sepeda motor.
    Kepolisian setempat juga mengamankan sementara waktu 14 sepeda motor karena pengendaranya tidak bisa menunjukkan surat-surat kendaraan mereka.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com