• PEMKOT Siantar Serahkan Sertifikat Kepada UKM        

    0

    Pematangsiantar, Sumut, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, menyerahkan 100 sertifikat tanah kepada pelaku usaha kecil dan mikro pada perayaan HUT Koperasi Ke 69 di Lapangan Adam Malik, Sabtu.
    Dinas Koperasi setempat juga melaksanakan donor darah, sosialisasi ke para pelajar SMA/SMK, jalan santai, dan senam massal.
    Kepala Dinas Koperasi Pematangsiantar Kalibiner Lumban Tungkup menjelaskan, pemberian sertifikat tersebut merupakan program Kementrian Koperasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang dananya ditampung oleh Pemerintah Pusat.
    “Kita hanya membantu pengurusannya saja,” kata Kalibiner.
    Diharapkan dengan sertifikat itu, para pelaku UKM memperoleh pinjaman dana dari pihak perbankan, sehingga menggeliatkan perekonomian di Pematangsiantar.
    Kalibiner juga menegaskan, Dinas Koperasi akan melakukan pendataan keberadaan 336 unit koperasi, yang sebagian besar tidak aktif lagi.
    “Kita menyambut baik langkah-langkah konkrit Kementerian Koperasi untuk menertibkan bahkan membubarkan koperasi yang tak aktif beroperasi,” kata Kalibiner.
    Penjabat Wali Kota Pematanhsiantar Jumsadi Damanik mengatakan, pihaknya telah menyalurkan sebesar Rp7,5 miliar dana bergulir yang ditampung pada APBD ke sejumlah koperasi di daerah itu.
    Ia juga berjanji Pemkot Pematangsiantar akan terus mengupayakan untuk membina pedagang kecil secara bertahap, khususnya di pasar-pasar kelurahan.
    Dalam perayaan itu, Jumsadi Damanik membacakan sambutan tertulis Menteri Koperasi UKM, AAGN Puspayoga yang menegaskan, akan melakukan tindakan konkrit dalam pembenahan total pengelolaan koperasi melalui ‘Reformasi Koperasi Mewujudkan Ekonomi Berdikari”.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com