• Pemkot Relokasi Puluhan Pedagang Ikan Pasar Pariaman      

    0

    Pariaman, Sumbar, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, merelokasi puluhan pedagang ikan yang berjualan di sepanjang badan jalan ke los ikan pasar setempat.
    Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat, Handrizal Fitri, di Pariaman, Senin, mengatakan pemindahan ini untuk menertibkan pedagang yang belum pindah sehingga menimbulkan kesemrawutan pasar.
    “Penertiban tersebut atas dasar Peraturan Daerah (Perda) nomor 6 tahun 2006 tentang Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban (K3),” kata dia di sela-sela penertiban pedagang.
    Penertiban dan pemindahan puluhan pedagang tersebut berjalan aman dan lancar, karena sebelumnya pada awal September 2016 dinas terkait telah melakukan sosialisasi kepada pedagang.
    “Sosialisasi sudah kita lakukan agar para pedagang tidak menentang, sekaligus mengutamakan pendekatan persuasif,” jelasnya.
    Ia menegaskan pedagang yang masih saja membandel akan dilakukan penyitaan untuk memberikan efek jera. Dalam penertiban tersebut Satpol PP dibantu anggota Kepolisian Resor (Polres) Pariaman, Kodim 0308 Pariaman, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, dan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag).
    Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) setempat, Gusniyetti Zaunit, mengatakan terdapat 67 pedagang yang direlokasi.
    Penertiban tersebut dilakukan atas dasar Perda K3 sekaligus menunjang sektor perekonomian pasar sehingga masyarakat merasa nyaman untuk belanja.
    “Masyarakat sudah banyak yang mengeluh akibat para pedagang ikan yang berjualan di sepanjang jalan,” kata dia.
    Akibatnya jalan menjadi macet, semrawut dan becek karena genangan air pedagang ikan dan menimbulkan aroma tidak sedap.
    Selain menertibkan pedagang ikan, pedagang sayur dan buah lainnya juga ikut ditertibkan oleh tim gabungan dan dipindahkan ke tempat yang telah disediakan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com