• PEMKOT Palembang pantau titik banjir kawasan Pusri

    0

    Palembang ,jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Palembang memantau titik banjir di kawasan Pusri untuk menemukan penyebab dan solusinya mengingat selalu menjadi persoalan setiap terjadi hujan lebat seperti pada Senin (12/9).

    Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Rabu, mengatakan, pada Selasa (13/9) malam telah memantau langsung ke kawasan Pusri yakni tepatnya ke anak Sungai Buah yang berada di dalam komplek PT Pusri.

    “Saya dengan didampingi Direktur SDM dan Umum PT Pusri Bob Indoarto sudah melihat langsung bagaimana aliran air sungai buah menuju sungai musi. Ternyata ada tembok pembatas yang menghalangi sehingga mempersempit aliran air,” kata Harnojoyo.

    Ia mengatakan setelah berdiskusi, akhirnya Pusri bersedia untuk merubuhkannya dengan dibantu dari Dinas Pekerjaan Umum/Perumahan Rakyat.

    “Mudah-mudahan setelah dibongkar akan cepat mengurangi genangan air di kawasan Pusri ini. Seperti diketahui saat hujan lebat kemarin, terjadi kemacetan total di kawasan ini karena banjir,” kata politisi Partai Demokrat ini.

    Untuk langkah panjang, PT Pusri menyambut baik rencana pemkot untuk membangun rumah pompa di kawasan ini seperti yang sedang dilakukan di kawasan Sekip.

    “Mengenai tindak lanjutnya akan dibicarakan lagi. Pemkot sangat berharap, Pusri peduli dengan persoalan banjir ini,” kata dia.

    Kondisi anak sungai di Kota Palembang kini sangat memprihatinkan karena banyak yang mendangkal dan menyempit, seperti di Sungai Buah.

    Sebelumnya, anak sungai di kawasan Pusri itu berkedalaman 3 meter, namun karena pendangkalan yang diakibatkan limbah rumah tangga menjadi tersisa 1,5 meter.

    Sementara itu, selain mengoptimalkan fungsi anak sungai, Pemkot Palembang juga fokus mengoptimalkan fungsi drainase (saluran air) di beberapa jalan utama dengan mengerukdan membersihkannya dari lumpur dan sampah.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com