• PEMKOT Palembang dukung pencapaian target konsumsi ikan

    0

    Palembang ,jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Palembang mendukung pencapain target tingkat konsumsi ikan yang ditetapkan Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Selatan pada 2018 sebanyak 40 kilogram perkapita/tahun.

    “Pencapaian target tingkat konsumsi ikan itu akan didukung secara maksimal dengan menggalakkan program gemar makan ikan serta mendorong pengembangan usaha makanan tradisional yang menggunakan bahan baku ikan seperti pempek dan kerupuk kemplang,” kata Sekretaris Daerah Palembang Harobin Mustafa, di Palembang, Jumat.

    Menurut dia, tingkat konsumsi ikan warga kota ini cukup tinggi sekitar 38 kilogram perkapita/pertahun, melihat kondisi ini tidak sulit untuk meningkatkannya hingga mencapai angka sesuai dengan target tersebut.

    Warga kota ini gemar memakan ikan terbukti banyak berdiri warung dan rumah makan khusus menyediakan hidangan dengan menu ikan baik diolah dengan cara digoreng, dibakar, dan dimasak dengan kuah atau yang dikenal dengan pindang ikan.

    Kemudian warung atau toko pempek, kerupuk kemplang dapat dijumpai hampir di setiap sudut kota, dan dari sekian banyak penyedia makan khas daerah ini tidak ada yang sepi pembeli, katanya.

    Sementara sebelumnya Kepala Bidang Humas Pembinaan dan Informasi Data Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Selatan Gamalda Israk menjelaskan bahwa tingkat konsumsi ikan masyarakat di provinsi ini cukup tinggi mencapai 38 kg perkapita pertahun atau melebihi rata-rata tingkat konsumsi ikan nasional.

    “Tingkat konsumsi ikan di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa ini mencapai 38 kilogram perkapita/tahun atau di atas rata-rata nasional sebanyak 36 kg perkapita/tahun,” ujarnya.

    Meskipun berdasarkan data tersebut tingkat konsumsi ikan di provinsi ini sudah cukup tinggi, pihaknya terus berupaya mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi ikan lebih banyak lagi.

    Tingkat konsumsi ikan perlu terus didorong lebih tinggi untuk mengejar target tingkat konsumsi ikan di Sumsel pada 2018 yang ditetapkan sebanyak 40 kg perkapita/tahun.

    Tingkat konsumsi ikan masyarakat Sumsel pada 2013 berada pada posisi 35 kg perkapita/tahun dan kini telah mencapai 38 kg perkapita/tahun.

    Melihat perkembangan tingkat konsumsi ikan di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu yang trennya setiap tahun mengalami peningkatan, pihaknya optimistis dapat mencapai target yang ditetapkan tersebut, kata dia menambahkan.(anjas)

     

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com