• Pemkot Gelar MTQ Kejar Predikat Kota “Hafiz”

    0

         Padang,  jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang ke 37 pada 23 hingga 28 September 2016 sebagai upaya mengejar predikat kota Hafiz atau penghafal Quran di dunia.
    “MTQ kali ini digelar untuk membumikan Al Quran di Padang sekaligus mendukung pencapaian jadi kota penghafal Quran,” kata ketua panitia MTQ ke 37, Hendra Mardhi di Padang, Sabtu.
    Dia menyebutkan pergelaran MTQ yang tahun ini digelar di Kecamatan Lubuk Begalung terasa istimewa karena bertepatan dengan pencanangan Padang sebagai kota Penghafal Quran dan kota Islami oleh wali kota beberapa waktu lalu.
    Menurutnya lomba MTQ tingkat kota ini sebagai jalan menghasilkan sekaligus memantau potensi penghafal Quran yang ada di Padang.
    Baik itu penghafal beberapa juz atau semua juz Quran.
    “Bagi Lubuk Begalung hal ini jadi tantangan untuk sukses dalam penyelenggaraan,” tambahnya yang juga Camat Lubuk Begalung, Padang tersebut.

         Dalam hal ini pihaknya akan menyiapkan pembukaan kelas nasional dengan seperti adanya pawai Takruf.
    Pawai ini, jelas dia akan dibuat semeriah mungkin dan diikuti semua peserta MTQ,  diharapkan menarik minat masyarakat yang menyaksikan.
    Kemudian dalam hal pelaksanaan pihaknya telah menyiapkan 10 lokasi lomba dengan pembukaan di Universitas Putra Indonesia jalan Aru.
    “Ada yang berbeda akan ditampilkan dalam lomba MTQ kali ini,” tambahnya.
    Mulai dari pemondokan kafilah atau peserta yang akan melibatkan 24 unit rumah masyarakat serta penggunaan informasi dan teknologi dalam sistem penilaiannya.
    “Adanya dukungan dari pihak UPI akan memudahkan pelaksanaan lomba tahun ini,” ujarnya.
    Sementara itu pemilik UPI YPTK, Herman Nawas mendukung dan mengapresiasi adanya pelaksanaan lomba MTQ tingkat Padang di Lubuk Begalung.
    Dalam hal ini pihaknya akan memudahkan kelancaran jalannya lomba yang salah satunya menyediakan tempat untuk berlomba.
    Dia berharap ke depan tidak hanya tingkat kota,  provinsi juga bisa dihelat di kampusnya.
    Beberapa bulan lalu wali kota Padang Mahyeldi Ansharullah  mengatakan bahwa kotanya sedang dibentuk jadi kota Islami sekaligus penghafal Quran.
    Potensi ini kata dia terlihat dari banyaknya penghafal Quran yang bermunculan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com