• Pemkab OKU berupaya kembangkan potensi wisata daerah

    0

    Baturaja ,jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan terus berupaya mengembangkan potensi wisata di daerah itu, dan telah mengajukan Rancangan Peraturan Daerah 2016 tentang usaha pariwisata ke DPRD setempat.

    Kabag Hukum Setda Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU), Romson Fitri di Baturaja, Selasa mengatakan, pihaknya memang telah menyampaikan usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pariwisata untuk dibahas bersama dengan beberapa usulan Raperda lainnya, yakni Raperda Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah tahun 2016-2021.

    Ia menjelaskan, di dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah itu di dalamnya ada menyangkut Raperda tentang Pariwisata, Raperda tentang bangunan gedung, Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten OKU No 17 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Administrasi Penduduk.

    Selanjutnya, Raperda tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa telah disampaikan bupati pada Paripurna Pembahasan Raperda OKU 2016 beberapa waktu lalu, kata Romson.

    Menurut dia, diajukan Raperda tentang pariwisata tersebut selain ada kepastian hukum juga memberikan kemudahan tersendiri bagi pelaku usaha pariwisata di Kabupaten OKU.

    “Untuk potensi usaha pariwisata di OKU cukup besar. Nantinya setelah Raperda usaha pariwisata ini resmi menjadi Perda, pendataan dan pendaftaran nantinya dilakukan Disporabudpar setempat,” katanya.

    Pihaknya masih menunggu saja pembahasan Raperda yang disampaikan untuk digodok oleh para wakil rakyat di DPRD OKU nantinya.

    Sementara itu, Bupati OKU, Kuryana Azis mengatakan, dengan adanya Raperda Usaha Pariwisata ini nantinya diharapkan akan menjamin kepastian hukum dalam menjalankan usaha pariwisata bagi pengusaha.

    Menurut Kuryana, sejauh ini dirinya menilai potensi usaha pariwisata di OKU cukup baik, seperti kawasan pariwisata, jasa transportasi wisata, jasa perjalanan wisata, jasa makanan dan minuman, serta penyediaan akomodasi.

    Selain itu juga penyelenggaraan kegiatan hiburan, konferensi dan pameran, jasa informasi pariwisata, jasa konsultasi pariwisata, jasa pramuwisata, wisata tirta serta SPA,” kata Bupati.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com