• Pemkab OKI Gelar Kontes Kerbau

    0

    14519917_10202419544447329_1560220016595907174_nKAYUAGUNG, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel menggelar kegiatan Kontes kerbau “Piala Bupati OKI” di Desa Pampangan, Kecamatan Pampangan, Rabu (28/9).

    Kegiatan ini dalam rangka bulan Bhakti Peternakan tahun 2016 di OKI dalam upaya pelestarian kerbau Pampangan.

    “Kerbau Pampangan kita ini merupakan salah satu dari tujuh rumpun kerbau lokal Indonesia,”ujar Bupati OKI, H. Iskandar SE melalui Wakil Bupati OKI, H. M. Rifa’I, SE.

    Kontes kerbau ini terbilang unik. Salah satu peserta kontes, seekor kerbau milik Rasyid seberat 750 Kg ini mendapat tepuk tangan meriah saat masuk arena. Kerbau jantan jenis pekerja ini menunjukkan atraksi menarik gerobak dan memasang sendiri penariknya tanpa bantuan si pengembala.

    Tak tanggung tanggung, kerbau yang paling berat dalam kontes kerbau pampangan OKI ini mendapat juara 1 untuk kategori jantan pekerja. Selain itu, ada juga kategori betina dan penarik yang semuanya berasal dari desa Kecamatan Pampangan.

    Kepala dinas peternakan OKI, Aris Panani SP mengatakan, banyak indikator yang dinilai dalam kontes kali ini. Selain kesehatan, dari sisi keaslian rumpun juga dinilai.

    “Kerbau pampangan termasuk salah satu rumpun lokal asli dari 8 kerbau lokal di Indonesia,” ujarnya.

    Beberapa atraksi lain juga ditampilkan oleh hewan yang terkenal dengan sebutan birahi silent ini.

    Selain kontes, hasil olahan kerbau juga disajikan pada acara ini. Wakil bupati OKI, M Rivai beserta jajaran terlihat bersemangat saat meninjau beberapa stand hasil pengolahan kerbau.

    Diantara hasil pengolahan dari budidaya kerbau ini ialah seperti gulopuan (permentasi susu kerbau), biogas yang berasal dari kotoran kerbau, serta dodol puan yang terbuat dari susu kerbau.  Kontes ini merupakan upaya pemerintah kabupaten OKI untuk terus melestarikan kerbau Pampangan. (ata)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com