• PEMKAB Musi Banyuasin benahi pengelolaan BUMD

    0

    Musi Banyuasin ,jurnalsumatra.com- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan terus berupaya melakukan pembenahan dalam mengelola Badan Usaha Milik Daerah agar memberikan kontribusi peningkatan PAD sesuai dengan yang diharapkan.

    Untuk membenahi BUMD yang ada di kabupaten ini, akan dimanfaatkan agenda Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memeriksa kinerja Pemkab atas efektivitas tata kelola pemerintah daerah dalam pembinaan BUMD Tahun Anggaran 2011 hingga 2016, kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Musi Banyuasin Sulaiman Zakaria, di Sekayu, Jumat.

    Dia menjelaskan, tim BPK Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan tugas pemeriksaan di Pemkab Musi Banyuasin selama 30 hari terhitung sejak 19 September hingga 18 Oktober 2016.

    Dalam pemeriksaan itu dilakukan standar kinerja yang harus disepakati, kemudian kelengkapan serta pemutakhiran regulasi dan kebijakan dalam pembinaan BUMD yang diselaraskan dengan pendirian badan usaha.

    Tata cara penyertaan modal, organ dan kepegawaian, tata cara evaluasi,tata kelola perusahaan yang baik, perencanaan, pelaporan, pembinaan dan pengawasan, kerja sama, penggunaan laba, penugasan pemerintah daerah.

    Kemudian peminjaman, satuan pengawas internal, komite audit, penilaian kesehatan, perubahan bentuk hukum, kepailitan serta penggabungan, peleburan dan pengambilalihan.

    Melalui pemeriksaan itu diharapkan diperoleh masukan dari BPK dalam melakukan pembinaan BUMD dan perbaikan yang dapat mendorong kinerja perusahaan daerah lebih baik lagi sehingga mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

    Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan PAD kabupaten ini sehingga bisa digunakan untuk melaksanakan program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi misi yang termuat dalam Permata Muba 2017, ujar Sulaiman.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com