• Pembayaran Klaim BPJS-K Sulut Rp66,69 Miliar    

    0

    Manado, jurnalsumatra.com – Pembayaran klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-K) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hingga Juli 2016 mencapai Rp66,69 miliar.
    “Hingga bulan Juli 2016, klaim yang telah dibayarkan ke tenaga kerja mencapai Rp66,69 miliar,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Sulut Januar Hermawan di Manado, Senin.
    Januar mengatakan pembayaran klaim tersebut kepada 9.876 kasus.
    Pembayaran klaim paling besar pada Jaminan Hari Tua (JHT) kemudian disusul Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) yang paling kecil Jaminan Pensiun (JP).
    Untuk pembayaran klaim JHT sebesar Rp61,91 miliar atau sebanyak 9.682 kasus, kemudian JKK sebesar Rp2,47 miliar dengan jumlah kasus 87.
    JKM yang telah direalisasikan sebesar Rp2,29 miliar kepada 90 kasus serta JP sebesar Rp9,76 juta kepada 14 kasus.
    Januar mengatakan di Sulut pembayaran klaim JHT paling tinggi karena hampir setiap bulan ada yang mencairkan dana hari tuanya.
    Program JHT ditujukan sebagai pengganti terputusnya penghasilan tenaga kerja karena meninggal, cacat, atau hari tua dan diselenggarakan dengan sistem tabungan hari tua.
    “Jadi JHT hanya bisa dicairkan jika pekerja sudah bukan karyawan lagi atau dengan kondisi-kondisi tertentu sehingga tidak bekerja lagi,” katanya.
    Pihaknya akan memberikan pelayanan yang tercepat dan terbaik, asalkan semua persyaratan untuk mencairkan JHT sudah lengkap.
    Dia mengatakan program Jaminan Hari Tua memberikan kepastian penerimaan penghasilan yang dibayarkan pada saat tenaga kerja mencapai usia tertentu atau telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com