• Pemanfaatan Dana Desa Diserahkan Ke Desa

    0

         Sleman, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyerahkan sepenuhnya pemanfaatan dana desa kepada masing-masing desa karena kebutuhannya berbeda-beda.
    “Pelaksanaan dana desa diserahkan sepenuhnya ke masing-masing desa, ini karena kebutuhan di masing-masing desa berbeda,” kata Kepala Bagian Pemerintahan Desa, Setda Kabupaten Sleman Mardiyanan, Selasa.
    Menurut dia, Pemkab Sleman juga tidak menentukan persentase penggunaan anggaran yang diperuntukan bagi pembangunan fisik atau nonfisik.
    “Semuanya tergantung masing-masing pemerintah desa,” katanya.
    Ia mengatakan, penerimaan dana desa pada 2016 meningkat dari tahun sebelumnya Rp28 miliar menjadi Rp63 miliar. Sedangkan untuk penyerapan tahun lalu mencapai 99,07 persen.

         “Diharapkan dana desa tahun ini yang dicairkan dalam dua termin bisa lebih mengoptimalkan pemanfaatanya. Sekarangkan waktunya lebih panjang, jadi serapan lebih meningkat sampai 100 persen,” katanya.
    Sementara itu Kepala Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan Heri Suprapto mengatakan prioritas desa untuk pemanfaatan dana desa di tahun ini ialah perbaikan infrastruktur terutama jalur evakuasi bencana erupsi Gunung Merapi.
    “Kami akan manfaatkan dana desa untuk perbaikan jalur evakuasi bencana Merapi yang mengalami kerusakan parah. Ini menjadi prioritas karena menyangkut keselamatan warga saat terjadi bencana. Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (DPUP) Kabupaten Sleman,” katanya.
    Ia mengatakan, tahun lalu dana desa yang diterima Kepuharjo sebesar Rp318 juta dan tahu ini diperkirakan penerimaan mencapai Rp600 juta.
    “Namun akan lebih baik jika pencairan dana desa dapat dilakukan satu tahap saja karena rencana yang telah tersusun bisa lebih terarah. Tahun ini pencairan dana desa dilaksanaan sebanyak dua kali,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com