• Pelayanan Bus Pelayanan bus AKAP di Palembang Lancar

    0

    Palembang ,jurnalsumatra.com- Pelayanan bus AntarKota AntarProvinsi (AKAP) pada arus mudik Lebaran Idulfitri 1437 Hijriah/2016 di Terminal Tipe A Karya Jaya Kota Palembang, Sumatera Selatan berjalan lancar.

    Sejumlah pengelola bus AntarKota AntarProvinsi (AKAP) di Palembang, Minggu, mengatakan, pelayanan kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran sejak dimulai angkutan mudik pada 24 Juni 2016 hingga sekarang ini tidak ada hambatan yang berarti karena daya tampung bus yang tersedia melebihi dari jumlah penumpang.

    Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada arus mudik Lebaran ini, sejumlah perusahaan oto bus yang beroperasi di terminal tersebut menyiapkan 25 armada bus dengan kapasitas tempat duduk sekitar 800 orang.

    Menurut Wilda salah seoarang pengelola bus AKAP Kramat Jati di Terminal Karya Jaya Palembang, untuk memberikan pelayanan terbaik pada arus mudik Lebaran sekarang ini pihaknya menyiapkan dua armada bus tambahan tujuan Palembang – Jakarta dan Palembang – Bandung.

    Dengan adanya bus tambahan, seluruh pengguna jasa angkutan darat ini dapat dilayani dengan baik pada arus mudik Lebaran yang diperkirakan puncaknya pada Senin (4/7), katanya.

    Dia menjelaskan, pengguna jasa angkutan bus pada arus mudik Lebaran tahun ini secara umum sedikit menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

    Penurunan pengguna jasa angkutan ini kemungkinan karena banyak masyarakat yang beralih menggunakan jasa angkutan udara dan menggunakan kendaraan pribadi, kata Wilda.

    Sementara Petugas Terminal Karya Jaya Fauzi mengatakan, pelayanan kepada masyarakat pada musim mudik Lebaran 2016 ini berjalan lancar dengan tingkat pengisian (load factor) bus AKAP mencapai 75 persen lebih dari total tempat duduk yang tersedia.

    Jumlah penumpang bus AKAP terutama ke sejumlah kota di Pulau Jawa sedikit lebih ramai dibandingkan dengan penumpang bus AKDP.

    Jumlah penumpang bus AKAP dari Palembang ke Jakarta, Bandung, dan beberapa kota Pulau Jawa lainnya mencapai 560 orang, padahal sejumlah perusahaan jasa angkutan darat itu menyediakan 25 armada dengan kapasitas tempat duduk sekitar 800 penumpang.

    Kondisi penumpang pada arus mudik Lebaran tahun ini sedikit mengalami penurunan dibandingkan pada tahun sebelumnnya, hal ini kemungkinan dipengaruhi banyak masyarakat yang memanfaatkan mobil sewaan untuk mudik karena biaya sewanya relatif murah jika bepergian secara rombongan atau sekeluarga.

    Sementara mengenai pemudik yang menggunakan bus AntarKota Dalam Provinsi (AKDP), secara umum penumpang yang bepergian dari Palembang ke beberapa daerah Sumsel lainnya relatif sepi yakni paling tinggi tingkat “load factornya” 55 persen dari total tempat duduk 20 bus yang tersedia mencapai 600 orang, kata Fauzi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com