• PDAM Buleleng Rancang Pengembangan Sumber Air Tamblingan

    0

         Singaraja, jurnalsumatra.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Buleleng, Bali, segera merancang pengembangan sumber air Danau Tamblingan untuk selanjutnya dialirkan ke beberapa desa kering di daerah itu.
    “Kami sudah buat rancangan awal dan desainnya segera disusun. Masih dibahas oleh Pemkab Buleleng bersama jajaran,” kata Direktur Utama PDAM Buleleng, Made Lestariana di Kota Singaraja, Bali, Kamis.
    Ia mengatakan, rencana pengambilan air Danau Tamblingan untuk mengatasi kekurangan bersih di wilayah Banjar atas karena daerah itu selama ini kekurangan akses air.
    Ia menambahkan, pengambilan air ke Danau Tamblingan untuk menghemat biaya daripada mengambil air dari bawah dimana memerlukan alat dan biaya besar.
    “Jika mengambil air dari danau tentu lebih hemat karena tinggal mengalirkan air melalui pipa atau sejenisnya karena lokasi Kecamatan Banjar lebih rendah dari danau,” kata dia.

          Dengan rencana tersebut, kata dia, PDAM dapat memberi akses lebih kepada masyarakat mengenai pemenuhan kebutuhan air bersih di wilayah pedesaan dan perkebunan.
    Selain itu, kedepannya, pihaknya terus mengupayakan peningkatan pelayanan pada beberapa wilayah yang terkendala akses air bersih, seperti di wilayah Bungkulan dan Kaliasem.
    “Program pembangunan berdasarkan beberapa evaluasi juga akan terus diupayakan. Sedangkan masih dalam proses yakni pembangunan `spam` atau sumur dalam di Tukad Bakah Desa Busungbiu,” kata dia lagi.
    Pihaknya juga membangun sumur dalam di wilayah Desa Pancasari, dan di wilayah Pangkung Paruk Kecamatan Seririt.
    Berdasarkan pendekatan dengan pengelola pedesaan, PDAM mendapatkan tambahan kapasitas dari beberapa subak desa di kabupaten ujung utara Pulau Dewata itu.
    Tambahan pasokan dari pengelolaan air bersih Gitgit di wilayah Kecamatan Sukasada, sehingga ke depan ada kerja sama yang baik antara semua pihak guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com