• Parlemen Kanada Kunjungi Fasilitas Kesehatan Di Kupang    

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com – Tiga anggota parlemen Kanada mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan ibu dan anak di Pusat Pelayanan Kesehatan Pembantu Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, NTT, Jumat (2/9).
    “Ketiga anggota parlemen Kanada itu melihat secara langsung kondisi fasilitas posyandu dan proses pelayanan kesehatan dilakukan petugas dan kader posyandu. Kabupaten Kupang dipilih perlemen Kanada sebagai lokasi pembanding tentang sistem pelayanan kesehatan di Indonesia,” kata Kabag Humas Pemkab Kupang Stef Baha, di Kupang, Sabtu.
    Ketiga anggota parlemen Kanada itu adalah Pam Damoff, Dr Doug Eyolfson, serta Brenda Shanahan, serta tiga anggota Result Kanada yakni Taryn Russel, Shelley Garham, dan Margarita Matias.
    Ia mengatakan, Kanada merupakan salah satu negara pendonor dana dalam mendukung pembangunan sektor Kesehatan ibu dan anak di Indonesia.
    Kedatangan tiga anggota parlemen Kanada itu mendapat sambutan hangat Bupati Kupang Ayub Titu Eki yang langsung mendampingi ketiga anggota parlemen Kanada itu ketika mengunjungi tiga lokasi pelayanan kesehatan di Kecamatan Kupang Tengah, yaitu Puskemas Pembantu Mata Air, Posyandu Ratu, dan Puskesmas Tarus.
    Ia mengatakan anggota parlemen Kanada menilai sistem pelayanan kesehatan pada pustu di Kabupaten Kupang sangat berbeda dengan sistem pelayanan kesehatan di Kanada.
    Pam Damoff anggota Liberal Oakville Kanada mengatakan, pelayanan kesehatan terhadap anak-anak di Kanada sifatnya individual, karena pasien datang ke rumah sakit atau petugas kesehatan yang mendatangi pasien di rumah.
    Dia mengatakan, proses pelayanan kesehatan di Kabupaten Kupang lebih edukatif karena orang tua bersama anak balita datang ke posyandu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.
    “Pelayanan kesehatan seperti dilakukan di posyandu memiliki kelebihan karena ibu-ibu bersama-sama anak balita datang ke pusat kesehatan, berkumpul bersama dan mendapatkan pelayanan kesehatan dari petugas kesehatan dan kader posyandu. Pola yang dilakukan ini sangat mengagumkan,” ujar Pam Damoff.
    Anggota perlemen Kanada Brenda Shanahan menilai, pelayanan kesehatan yang dilaksanakan petugas dan kader posyandu di Kabupaten Kupang berlangsung sangat baik.
    “Kunjungan ini menjadi gambaran bagi parlemen Kanada bahwa sistem pelayanan kesehatan yang dilakukan Pemerintah Indonesia terhadap masyarakat di daerah perkotaan seperti Jakarta hingga ke daerah yang jauh dari pusat pemerintahan Indonesia sudah berjalan sangat baik,” katanya menegaskan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com