• Ogan Komering Ulu selenggarakan pemilihan Kades serentak

    0

    Baturaja ,jurnalsumatra.com- Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa serentak di Desa Kedaton Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya, pada 10 Oktober mendatang.

    Panitia penyelenggara pemilihan sudah menetapkan lima calon dari tujuh calon yang mendaftar untuk mengikuti pemilihan kepala desa (kades) serentak tersebut, kata Ketua Panitia Pemilihan Kades, Edi Darmawan di Desa Kedaton, Senin.

    Menurut dia, peserta yang mendaftar ada tujuh calon, namun pihak panitia hanya meloloskan lima calon saja akan ikut pada pemilihan kades serentak di Desa Kedaton, karena susuai Undang-Undang yang berlaku.

    Ia menjelaskan, Desa Kedaton merupakan salah satu dari lima desa yang akan menggelar pemilihan kades serentak di Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR), Ogan Komering Ulu (OKU).

    Diketahui, berdasarkan Peraturan Bupati OKU Nomor 32 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa, pada Pasal 8 ayat (1) menyebutkan dalam hal bakal calon yang memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud pada Pasal 7 lebih dari 5 (lima) orang.

    Maka Panitia Pemilihan Kabupaten melakukan seleksi tambahan dengan menggunakan kriteria pengalaman bekerja di lembaga pemerintahan, tingkat pendidikan, dan usia yang lebih tua.

    “Atas dasar itulah kami selaku Panitia Pemilihan Kades untuk menyeleksi 7 bakal calon yang memenuhi persyaratan,” kata Edi Darmawan.

    Dengan adanya ketetapan tersebut, kata dia, pihaknya berharap kepada semua bakal calon kades untuk dapat menerima keputusan telah diambil oleh panitia dengan lapang dada terlebih lagi bagi yang tidak lolos pada pemilihan serentak nanti.

    Dijelaskannya, sebelum ditetapkan hasil perankingan, pihaknya sudah berkoordinasi terlebih dahulu dengan panitia pemilihan Kades kabupaten agar tidak salah dalam menjalankan tahapan yang harus dilakukan oleh panitia.

    “Kami hanya mengumumkan hasil seleksi tambahan yang dilakkukan oleh Panitia Kabupaten sesuai dengan surat keputusan Nomor 141/75/XXXV/2016, Senin 29 Agustus 2016 di Baturaja,” jelasnya.

    Adapun dari hasil perankingan yang ditetapkan terdapat 7 bakal calon kades yakni Dahroni dengan nilai skor 34, Adi Ramlan nilai skor 30, Feri Yanto nilai skor 30, Mawazi nilai skor 30, Win Mukhsin dengan skor 30, Umar Dani nilai skor 22 dan Deni Eka Yuda Saputra dengan nilai skor 16.

    Setelah ditetapkan 7 bakal calon kades berdasarkan perankingan ini selanjutnya akan ditetapkan nomor urut calon sesuai dengan hasil perankingan tersebut 5 orang bakal calon kades akan segera ditetapkan sebagai calon Kepala Desa Kedaton yang berhak dipilih, sekaligus pengundian nomor urut pada 5 September mendatang.

    Sementara, Kapores OKU AKBP Leo Andi Gunawan, melalui Kapolsek Peninjauan AKP Rahmat Haji di dampingi Kanit Reskrim Ipda Gaguk Suhaimi yang memimpin pengamanan saat pengumuman hasil seleksi bakal calon kades di Desa Kedaton, sangat memberikan apresiasi terhadap masyarakat Kedaton terutama kepada bakal calon kades yang menerima dengan lapang dada hasil seleksi tersebut.

    Asisten 1 Bidang Pemerintahan Pemkab OKU, Mirdaili, saat dikonfirmasi melalui telepon genggamnya menegaskan, kepada Panitia Pemilihan Kades dalam menjalankan tugas untuk senantiasa berpegang teguh pada aturan yang ditetapkan.

    “Keputusan itu sudah sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku,” katanyanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com