• Nasional WNI Di Turki Apresiasi KBRI Bebaskan Pelajar    

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Sejumlah WNI yang berada di Ankara, Turki mengapresiasi kinerja Kedutaan Besar RI di kota itu dalam membebaskan pelajar yang ditahan oleh aparat keamanan Turki terkait bantuan pendidikan dari lembaga Fethullah Gulen.
    Menurut keterangan mahasiswa Indonesia di Turki, Fachtul Wachid, kepada Antara di Jakarta pada Jumat, para pelajar menyambut dengan haru kedatangan mahasiswa berinisial SI yang dibebaskan kepolisian Turki pada Kamis petang.
    “Jumat pagi selepas shalat Subuh berjamaah, KBRI  Ankara menggelar doa bersama dengan 46 pelajar yang tinggal untuk sementara di Wisma Duta KBRI Ankara akibat terputusnya beasiswa dari yayasan yang sebelumnya menaungi mereka,” demikian Fatchul yang juga menjabat sebagai Asisten Penelitian Bidang Islam Universitas Teknik Karadeniz.
    Selain itu, mahasiswa lainnya dari Indonesia bernama Muhamad Ihsan berharap KBRI dapat memberikan beasiswa lanjutan akibat terputusnya biaya pendidikan dari lembaga-lembaga sebelumnya.
    Menurut Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) RI untuk Turki, Wardana, pihaknya akan terus memprioritaskan keselamatan WNI di negara itu, khususnya bagi kelangsungan pendidikan para pelajar.
    KBRI, telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Ristek Dikti untuk mencari sumber dana pendidikan pengganti bagi pelajar di Turki yang terputus akibat masalah politik internal di negara tersebut.
    Kedutaan juga memfasilitasi hubungan para pelajar Indonesia kepada sejumlah pemerintah daerah untuk mengajukan bantuan beasiswa, ujar Fatchul.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com