• Minat Baca Masyarakat Sleman Meningkat

    0

    Sleman, jurnalsumatra.com – Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo menyatakan, minat baca masyarakat di wilayah setempat terus mengalami peningkatan yang menggembirakan.
    “Peningkatan minat baca tersebut dapat dilihat pada jumlah kunjungan perpustakaan yang terus meningkat tiap tahunnya,” kata Sri Purnomo dalam pembukaan Gemilang Perpustakaan, Rabu.
    Menurut dia, kunjungan ke perpustakaan pada 2013 tercatat sebesar 108.875 pengunjung, meningkat menjadi 580.219 pada 2014 dan mengalami peningkatan lagi menjadi 609.754 pengunjung pada 2015.
    “Perpustakaan yang representatif dan didukung dengan koleksi buku yang lengkap, diharapkan akan memotivasi para pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum untuk memanfaatkan perpustakaan yang ada di Sleman,” katanya.
    Ia mengatakan, saat ini terdapat 873 perpustakaan di Sleman, sedangkan koleksi buku yang dimiliki oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Sleman hingga saat ini mencapai 34.815 judul buku dengan jumlah eksemplar sebanyak 62.847 eksemplar.
    “Pemanfaatan dan keberadaan perpustakaan perlu terus distimulasi karena menjadi salah satu sarana prasarana penunjang dalam peningkatan kualitas pendidikan,” katanya.
    Sri Purnomo menambahkan bahwa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di pelosok-pelosok daerah, Pemkab Sleman telah memiliki lima armada keliling yang menjangkau 60 lokasi layanan.
    “Selain itu, terdapat juga kantong-kantong perpus­takaan yang dikelola desa dan masyarakat setempat.  Hingga saat ini Kabupaten Sleman memiliki kantong perpustakaan di 18 lokasi,” katanya.
    Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sleman juga membentuk rintisan desa gemar membaca di delapan lokasi.
    “Keberadaan perpustakaan desa inilah yang hendaknya dapat terus kita kembangkan baik melalui penataan manajemen pengelolaan perpustakaan desa  maupun melalui pencanangan berbagai inovasi yang tujuannya untuk menumbuhkembangkan minat baca serta mengoptimalkan keberadaan perpustakaan desa bagi kemajuan masyarakat setempat,” katanya.
    Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sleman Sri Hartati mengatakan, pencanangan bulan September sebagai Bulan Gemar Membaca dan 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan diharapkan dapat meningkatkan budaya gemar membaca bagi masyarakat.
    “Dalam upaya peningkatan gemar membaca dalam acara tersebut juga diadakan workshop dengan materi Kebijakan Pengembangan Budaya Gemar Membaca di DIY dan motivasi pengelolaan perpustakaan dan Budaya Gemar Membaca,” katanya.
    Ia mengatakan, tujuan acara Gemilang Perpustakaan ini adalah mensosialisasikan makna Hari Kunjung Perpustakaan dan memasyarakatkan perpustakaan agar budaya gemar membaca masyarakat semakin meningkat.
    Bupati Sleman juga menyerahkan tropi, piagam dan uang pembinaan pada 34 prestator di bidang lomba perpustakaan, minat baca, menulis dan permainan tradisional dalam acara tersebut.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com