• Minat Baca Di Merauke Masih Rendah      

    0

    Merauke, jurnalsumatra.com – Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Keliopas Ndiken, mengatakan minat baca masyarakat di kabupaten itu masih sangat rendah yaitu sekitar 30 – 40 persen dari jumlah penduduk yang ada.
    “Kami mengakui bahwa kesadaran membaca masih sangat rendah karena keterbatasan pengetahuan, informasi, termasuk keterbatasan kami dalam proses pelayanan ke masyarakat di kampung – kampung,” kata Keliopas di Merauke, Selasa.
    Walau mengalami kesulitan untuk melakukan sosialisasi ke 179 kampung yang tersebar karena jaraknya cukup jauh, ia memastikan ada peningkatan jumlah pengunjung yang datang ke kantor perpustakaan bila dibandingkan tahun – tahun sebelumnya.
    “Tahun lalu, setiap harinya sekitar 20 sampai 30 orang yang datang ke kantor perpustakaan. Tahun 2016 ini dari perhitungan kami jumlah pengunjung sudah bertambah menjadi 45 – 60 orang per hari,” ujarnya.
    Pelayanan yang diberikan di kantor perpustakaan, kata dia, mulai dibuka pukul 8:00 WIT sampai dengan pukul 4:00 WIT bahkan pada jam istirahat pelayanan terus berjalan.
    “Jam istirahat siang pun tetap kami layani karena ada petugas yang kami tempatkan dan dari jumlah kunjungan sehari itu 90 persen merupakan pelajar, sementara 10 persen dari masyarakat,” ujarnya.
    Ia menambahkan, untuk mendorong minat baca masyarakat, pihak perpustakaan setiap hari melakukan sosialisasi melalui perpustakaan keliling dan mengunjungi pemukiman masyarakat terdekat, termasuk sekolah – sekolah.
    “Ini sudah berjalan hampir setiap hari dan sosialisasi juga kami lakukan melalui media massa baik cetak dan elektronik yang ada di Merauke,” katanya.
    Pada tahun 2016, kata dia, tidak ada penambahan buku bacaan sebab penambahan buku secara berturut – turut telah dilakukan pada tahun 2010 hingga 2014 lalu.
    “Tahun ini tidak ada penambahan buku, namun jumlah secara keseluruhan koleksi buku yang sudah kita bagikan mencapai 200an lebih,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com