• MENDAGRI: Tidak Ada Sanksi Bagi PARPOL

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan tidak ada sanksi bagi partai politik yang tidak mengusung kadernya di Pilkada, terkait dengan fenomena calon tunggal di sejumlah daerah.
    “Tidak ada sanksi (bagi parpol yang tidak ajukan kadernya di Pilkada). Partai tidak dapat disalahkan karena tidak ada aturannya,” katanya di Gedung Nusantara II, Jakarta, Jumat.
    Dia menduga tidak diusungnya kader parpol di suatu daerah karena strategi partai atau tidak terpenuhinya koalisi dan ada juga parpol yang tidak memenuhi persyaratan.
    Dia menyayangkan apabila ada suatu parpol yang tanpa koalisi bisa ajukan calon namun tidak mengajukan calon.
    “Yang disayangkan bila ada satu partai yang tanpa koalisi bisa ajukan calon tapi tidak mengajukan calon. Tapi tidak ada sanksinya,” ujarnya.
    Dia mengatakan pihaknya akan menyampaikan persoalan itu kepada Pansus RUU Pilkada bila terbentuk, karena didalamnya berisi wakil-wakil partai politik.
    Selain itu dia menjelaskan Kemendagri menunggu sikap KPU, terkait masih ada 86 daerah yang memiliki dua pasangan calon di Pilkada serentak.
    Menurut dia, apabila hanya ada satu pasangan calon, maka Kemendagri akan cepat menyiapkan Pelaksana Tugas (Plt).
    “Kami akan beri kewenanggan lebih termasuk Plt yang nanti memutuskan kewenangan strategis konsultasi dengan Mendagri,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com