• Masyarakat Penajam Diminta Pahami Defisit Keuangan Daerah

    0

    Penajam, jurnalsumatra.com – Masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, diminta memahami kondisi keuangan daerah setempat yang sedang mengalami defisit, karena pemerintah daerah setempat tetap bekerja optimal melaksanakan program pembangunan.

    “Kami minta masyarakat memahami kondisi kas daerah yang semakin merosot, bukannya pemerintah daerah tidak bekerja maksimal,” kata Sekrerataris Kabupaten Penajam Paser utara Tohar, saat ditemui di Penajam, Rabu.
    Menurut ia, sebagian masyarakat beranggapan pemerintah daerah tidak bekerja optimal dengan kondisi keuangan daerah yang sedang defisit saat ini.
    APBD Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2016 mengalami defisit sekitar Rp393 miliar sebagai imbas menurunnya peneriman dana transfer serta bagi hasil minyak dan gas bumi dari pemerintah pusat.
    Dibanding dengan APBD murni 2016 yang mencapai Rp1,4 triliun lanjut Tohar, APBD Perubahan 2016 mengalami penurunan menjadi Rp1,1 trilun.
    Sementara pada 2017, kekuatan APBD Kabupaten Penajam Paser Utara diperkirakan juga mengalami penurunan sekitar Rp400 miliar menjadi lebih kurang Rp1,03 triliun.
    “Kami sampaikan, kondisi keuangan daerah itu dampak ekonomi global yang berhubungan dengan pendapatan negara dan pendapatan daerah berimbas fiskal pada kebijakan,” jelas Tohar.
    Ia berharap masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara bisa memahami kondisi keuangan daerah saat ini dengan penuh kearifan.
    Tohar menjelaskan, untuk dipahami dan diketahui masyarakat, bahwa kondisi keuangan daerah saat ini tidak menguntungkan bagi potensi pendapatan untuk pembangunan daerah.
    Namun, menurutnya, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tetap mengupayakan pelaksanaan pembangunan dalam skala prioritas terlaksana dengan baik.
    “Penyelenggaraan pendidikan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat tetap kami optimalkan agar dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.
    Pada anggaran 2016 dan 2017, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara berupaya melakukan penghematan agar kekuatan anggaran pendanaan daerah tercukupi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com