• Masjid Raya Mujahidin Siap Salurkan Hewan Kurban

    0

         Pontianak, jurnalsumatra.com – Panitia Kurban Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Kalimantan Barat, menyatakan kesiapannya untuk menerima hewan kurban dan kemudian menyalurkannya ke masyarakat yang berhak menerimanya.
    “Di Masjid Raya Mujahidin Pontianak ini mempuyai sistem masyarakat boleh membeli sendiri hewan tersebut, dan boleh juga memberi uang, kemudian uang tersebut akan dibelikan hewan kurban oleh panitia,” kata Sekretaris Panitia Kurban Masjid Raya Mujahidin, Joni di Pontianak, Senin.
    Tempat pemotongan hewan kurban nantinya, akan dilaksanakan di lingkungan Masjid Raya Mujahidin. Waktu pembagian dilakukan setelah Sholat Subuh sampai pukul 08.00 WIB.
    Masjid Raya Mujahidin tahun lalu menerima 52 ekor kambing, dan 36 ekor sapi kemudian tahun 2014 sebanyak 45 ekor kambing dan 32 ekor sapi, katanya.
    Sedangkan untuk harga, menurut Joni, setiap tahun cenderung meningkat, tahun 2015 harga kambing Rp2,6 juta, dan untuk harga sapi Rp2,1 juta /orang.

         Sedangkan tahun ini harga kambing Rp2,7 juta/ekor,  dan harga sapi Rp2,250 juta/orang. “Naiknya harga jual hewan kurban ini disebabkan oleh harga di pasaran juga mengalami kenaikan,” katanya.
    Ia menjelaskan syarat dan ketentuan untuk hewan kurban, yakni berjenis kelamin jantan, sehat, ketentuan untuk umur kambing harus berumur satu tahun hingga dua tahun, untuk sapi berumur dua tahun. Hewan betina juga boleh untuk kurban, asalkan betina tersebut mandul.
    “Hewan yang cacat tidak boleh dikurbankan, contohnya seperti hewan itu pincang, kaki patah dan mata buta,” kata Joni.
    Proses pembagian hasil dari pemotongan hewan kurban di Masjid Raya Mujahidin, yaitu apabila ada 10 ekor akan dibagikan di pondok pesantren dan panti asuhan. Kemudian hewan kurbannya lebih dari 10 ekor akan dibagikan dengan pola tebar kurban yakni ke masjid-masjid kecil.
    Sementara bagi yang berkurban, mempunyai hak menerima sebesar 30 persen dari hasil pemotongan hewan kurban tersebut, kata Sekretaris Panitia Kurban Masjid Raya Mujahidin Pontianak.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com