• Mahasiswa Riau Belajar Jurnalistik Ke Antara Sumbar

    0

          Padang, jurnalsumatra.com – Sejumlah mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ar-Ridha, Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Provinsi Riau mengunjungi Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Sumbar untuk menambah pengetahuan di bidang jurnalistik.
    “Kami datang ke LKBN Antara Sumbar untuk menerapkan teori di bidang jurnalistik online yang sudah dipelajari oleh mahasiswa selama beberapa bulan ini, untuk ilmu di lapangan kami akan menimbanya di sini,” kata dosen pendamping mahasiswa STAI Ar-Ridha Rokan Hilir, Noprio Sandi di Padang, Selasa.
    Noprio menyampaikan, secara umum unsur dari jurnalistik ada tiga, yakni berita tulis, foto dan video. Ketiga unsur tersebut ada di LKBN Antara Sumbar, oleh sebab itu tempat ini menjadi tujuan untuk belajar.
    Uniknya, kata dia, media online LKBN Antara Sumbar juga memiliki koran atau media cetak yang diberi nama Metro Andalas, sehingga pembaca tidak hanya dapat menikmati berita melalui internet.
    “Bagi kami ini menarik, karena jarang sekali satu media online juga memiliki media cetak, dan hal tersebut dapat menjadi acuan bagi kami untuk menerapkan hal yang sama di Riau,” ujar dia.

         Nopri berharap, dengan adanya pembelajaran yang langsung ke media ini, mahasiswanya bisa menyerap ilmu di LKBN Antara Sumbar dan menjadi lebih termotivasi untuk belajar lebih giat.
    Sementara itu, Koordinator Liputan LKBN Antara Sumbar, Ikhwan Wahyudi yang menerima rombongan mahasiswa mengatakan media online memang selangkah lebih maju dari media cetak dalam hal penyebaran informasi.
    “Namun eksistensi media cetak hingga saat ini masih berkiprah dengan bagus, dan dapat bersaing dengan media online,” sebut dia.
    Berkaitan dengan adanya media cetak di LKBN Antara Sumbar, ujarnya, bertujuan untuk perluasan informasi agar merata baik di kota maupun desa yang berada di pelosok. Karena jaringan internet tidak menjangkau seluruh wilayah, maka koran adalah salah satu media yang akses jangkauannya lebih mudah.
    Sementara salah seorang mahasiswa STAI Ar-Ridha, Rio Salman mengaku sangat senang dan tertarik untuk mempelajari sistem penulisan berita media online yang disajikan kepada masyarakat.
    Mahasiswa yang berjumlah 16 orang itu juga melakukan diskusi dengan beberapa wartawan LKBN Antara Sumbar, dan berbagi pengalaman bagaimana proses pembuatan berita dari awal hingga akhir.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com