• LEGISLATOR: Wujudkan Kedaulatan Pangan Berbasis Kesejahteraan Petani      

    0

    Semarang, jurnalsumatra.com – Pemerintah harus didesak untuk segera mewujudkan kedaulatan pangan dengan berbasis kesejahteraan petani, kata Anggota Komisi B DPRD Jawa Tengah Riyono.
    “Tantangan globalnya adalah mewujudkan kedaulatan pangan yang berbasis kesejahteraan petani dan hal itu bisa dilakukan dengan menjadikan petani sebagai aktor utama pembangunan nasional,” katanya di Semarang, Selasa.
    Politikus Partai Keadilan Sejahtera itu, menilai bahwa pemerintah saat ini belum menunjukkan kepedulian terhadap petani.
    Menurut dia, pemerintah pusat harus mengawal pelaksanaan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani sampai level provinsi.
    “Sampai sekarang pemerintah pusat kelihatan adem ayem saja, meskipun UU tersebut sudah disahkan sejak tiga tahun lalu, buktinya PP (peraturan pemerintah) juga belum ada,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Petani dan Nelayan DPP PKS itu.
    Riyono berpendapat, kunci kesejahteraan petani harus didahului kebijakan politik, salah satunya dengan cara menghentikan impor pangan strategis yang mampu dihasilkan oleh petani dan itu membutuhkan keberanian politik.
    “Masyarakat jangan bermimpi petani sejahtera jika impor terus dijalankan,” katanya.
    Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko meminta kepala daerah se-Jateng mendukung upaya pemerintah provinsi setempat untuk mewujudkan kedaulatan pangan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama para petani.
    “Semua pihak, terutama para pemimpin daerah mengoptimalkan pengelolaan beragam potensi daerahnya. Tidak hanya lahan sawah atau tegalan untuk bercocok tanam dan beternak, tetapi juga memanfaatkan pekarangan rumah secara optimal guna mewujudkan kedaulatan pangan,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com