• Legislator Minta Pemda Kotim Awasi Penerapan UMK

    0

          Sampit, jurnalsumatra.com – Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Rimbun meminta pemerintah daerah mengawasi setiap perusahaan dalam penerapan upah minimum kabupaten di daerah itu.
    “Pengawasan sangat penting untuk memperkecil terjadi pelanggaran, sebab ada informasi yang saya terima belum lama ini, sebuah perusahaan telah memperlakukan karyawannya dengan tidak baik, dan tidak memberikan beberapa hak karyawannya,” katanya di Sampit, Kamis.
    Dalam ketentuan upah minimum standar kabupaten dengan jelas mengatur tarif yang harus diberikan perusahaan kepada karyawannya. Bahkan sanksi juga dengan jelas akan diberikan bagi perusahaan yang mengabaikan hak karyawan. Tahun 2016 di Kabupaten Kotawaringin Timur, di telah mengatur dan menetapkan UMK sebesar Rp2.168.914.
    “Penyesuaian UMK merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan pekerja sebagai bagian dari upaya memajukan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

          Di Kotawaringin Timur saat ini sedikitnya ada 522 perusahaan dengan total pekerja sebanyak 85.341 orang. Dari jumlah itu, 72.046 orang diantaranya bekerja di perusahaan perkebunan sawit.
    Di sisi lain, Rimbun mengakui Perusahaan terkait bisa diberikan sanksi pidana paling singkat satu tahun dan paling lama empat tahun, dan/atau denda paling sedikit Rp100 juta dan paling banyak Rp400 juta. Apabila tidak melaksanakan ketentuan terkait penggajian tersebut.
    Rimbun juga memahami kondisi yang terjadi di beberapa perusahaan sawit saat ini, yakni produksi mengalami penurunan. Namun  dari temuan DPRD penurunan produksi terutama di perkebunan kelapa swit tidak serta merta membuat kebijakan  menghilangkan hak karyawannya, terutama dalam hal besaran upahnya.
    “Kami juga akan ikut melakukan pengawasan di lapangan apakah ada perusahaan yang memperlakukan karyawannya tidak semestinya, yakni tidak memberikan hak karyawannya,” demikian Rimbun.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com