• Lantamal IX Gelar Baksos Kesehatan Peduli Haruku

    0

         Ambon, jurnalsumatra.com – Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) IX Ambon menggelar bakti sosial (baksos) kesehatan kepada warga di Pulau Haruku, kabupaten Maluku Tengah pada 23-24 September 2016.
    Siaran pers Dispen Lantamal IX Ambon yang diterima Antara, Sabtu, mengatakan, Baksos kesehatan ‘Peduli Haruku’ yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke-71 TNI Angkatan Laut (AL) pada  setiap 10 September dipusatkan di desa Pelauw.
    Sedikitnya 56 personil Lantamal IX terdiri dari 15 perwira dan 41 anggota dipimpin Asisten Intelijen (Asintel) setempat, Kolonel Marinir Said Latuconsina, telah diberangkatkan ke desa Pelauw yang dijadikan pusat operasi Baksos, termasuk membawa 17 kendaraan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan tersebut.
    Sejumlah pelayanan kesehatan yang ditangani tim medis Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr FX Suhardjo dan Diskes Lantamal IX Ambon juga melibatkan  dokter dan para medis Puskesmas Pelauw.

         Tim medis termasuk sejumlah dokter ahli akan melakukan pelayanan kesehatan umum, bedah, perawatan gigi, pemeriksaan bibir sumbing dan mata, kebidanan serta telinga hidung dan tenggorokan (THT) kepada warga dari desa-desa yang ada di pulau Haruku.
    Selain itu, tim Satgas yang melibatkan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Maluku, Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Maluku maupun Maluku Tengah.
    Begitu pula melakukan sejumlah penyuluhan kepada warga dari berbagai desa tentang keluarga berencana (KB), masalah hukum dan perikanan serta sosialisasi penerimaan prajurit TNI-AL bagi siswa SMA.
    Baksos tersebut merupakan wujud komitmen TNI Angkatan Laut untuk membantu percepatan pembangunan daerah melalui peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat daerah pesisir yang merupakan bagian penguatan budaya maritim.
    Selain itu, mendukung pertahanan negara dengan sasaran terwujudnya kemampuan masyarakat dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut serta terjalinnya komunikasi sosial efektif melalui penyuluhan kemaritiman dan pembangunan aspek laut bagi masyarakat pesisir.
    Sedangkan pada Sabtu (24/9), Komandan Lantamal IX Ambon, Laksma TNI Nur Singgih Prihartono bersama jajaran pimpinan TNI AL akan meninjau kegiatan Baksos di Pelauw, sekaligus berdialog dengan masyarakat serta menerima gelar adat dari warga Pulau Haruku.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com