• Lakukan Gerakan Tanam Serentak di 6 Kecamatan 

    0
    unnamed (43)KAYUAGUNG, SUMSEL. Jurnalsumatra.com – Untuk peningkatan pertanian dan membantu petani dalam upaya penanaman pada lahan sawah yang ada diwilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kodim 0402 Kayuagung, dan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten OKI menggelar gerakan tanam serentak.
    Penanam serentak tersebut dilaksanakan pada 16 September – 30 September mendatang. Meliputi 6 kecamatan di lahan cetak sawah baru, yakni Kecamatan Sungai Menang, Cengal, Tulung Selapan, Tanjung Lubuk, Teluk Gelam,  dan Pampangan.
    Penananam perdana dilaksanakan di Dusun III, Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Lubuk. Dalam penanaman perdana itu, ibu Persit ikut serta turun ke sawah bersama anggota TNI dan para petani. Cetak sawah baru di kecamatan tersebut seluas 690 ha yang dibagi kepada 6 kelompok tani yang beranggotakan 25- 30 petani.
    “Untuk di OKI sendiri ada 11.000 lahan cetak sawah baru. Saat ini kita gelar penanam serentak,” ucap Kodim 0402 Kayuagung Letkol KV Dwi Irbaya melalui Kasdim 0402 Kayuagung Maypor David Suardi.
    Lanjut dia, tujuan dalam penanaman serentak ini, agar lahan cetak sawah baru yang diolah langsung ditanam sehingga tidak menjadi semak belukar lagi. “TNI dari Ziad, Zidam dan jajaran Kodim telah membantu dalam pembuatan cetak sawah baru. Dalam proses penanaman hingga panen pun kita tetap mendampingi petani,” tegasnya.
    Kepala UPTD Pertanian Tanjung Lubuk, Hermansyah menambahkan dinas pertanian juga menyalurkan bantuan pupuk, benih dan alat berat. Diharapkan hasilnya nanti dari lahan tersebut 3-3,5 ton gabah kering per ha.
    Camat Tanjung Lubuk Dilyanto mengungkapkan lahan cetak sawah baru tersebut berada di Dusun III, kawasan transmigrasi. Sebelumnya lahan tersebut merupakan semak belukar dan sangat mudah terbakar.
    “Sebelumnya lahan tersebut menimbukan masalah karena penghasil asap. Dengan ada program cetak sawah baru dan penanaman serentak ini maka lahan yang dulunya menghasilkan masalah malah bermanfaatkan karena menghasilkan padi,” ungkapnya.
    Dengan adanya program cetak sawah baru ini pula dapat menambah alternatif mata pencaharian masyarakat serta meningkatkan ekonomi. “Memang ada pertanian di Desa tersebut, namun sebagian besar perkebunan karet dan sawit. Jadi adanya cetak sawh baru ini menambah penghasilan dan mata pencaharian masyarakat,” tuturnya.
    Hadir dalam pellagiaksanaan penanam serentak perdana tersebut para petani, Kasdim 0402 OKI, Wakalaplak Cetak Sawlahan ah, Kolonel Susanto dari Ziad Mabes TNI, dan Kapten inf Tamzil Danramil Tanjung Lubuk, Camat Tanjung Lubuk, ibu persit, dan para petai desa. (RICO)
  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com